Site icon mencobausaha.com

Bagaimana Cara Membuka Rekening Saham dan Mulai Membeli Saham?

Membuka rekening saham

Dewasa ini semakin banyak masyarakat yang mulai melek untuk berinvestasi pada saham. Akan tetapi banyak juga di antara mereka yang masih bingung bagaimana cara memulainya. Berikut ini kami akan sampaikan secara ringkas kepada anda bagaimana cara membuka rekening saham dan mulai membeli saham tersebut.


Pertama-tama kita perlu mempersiapkan persyaratan untuk pembukaan rekening terlebih dahulu. Yang perlu kita persiapkan diantarnya ;


Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan, yaitu :

1. Menentukan Broker (sekuritas) dan Membuka Rekening
Sebelum kita membuka rekening, terlebih dahulu kita perlu menentukan broker mana yang menurut kita sudah sesuai dengan kriteria kita. Selanjutnya kita tinggal bertemu dengan broker tersebut untuk mulai membuka rekening saham.

Untuk sekarang membuka rekening saham dapat dilakukan secara online. Kita dapat mengunduh formulir online yang disediakan oleh perusahaan sekuritas diwebsite-nya, kemudian mengisi dan mengirimnya.

2. Mengisi Formulir dan Melampirkan Persyaratan
Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, setelah kita menentukan broker, yang perlu kita lakukan ialah mengisi formulir pembukaan rekening saham dan rekening dana nasabah. Formulir yang perlu kita isi formatnya nyaris sama seperti kita akan membuka rekening tabungan di Bank.

Jangan lupa juga untuk melampirkan persyaratan pembukaan rekening yang sudah kami sebutkan di atas.

3. Memilih dan Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)
Rekening dana nasabah ialah rekening yang ditempatkan di Bank yang digunakan untuk menampung dana anda. Rekening ini terpisah dengan rekening perusahaan efek atau saham.

4. Menunggu Pembukaan Rekening Selesai 
Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menunggu proses pembukaan rekening. Lamanya pembukaan rekening ini bervariasi bergantung pada RDN yang Anda pilih, namun pada umumnya memakan waktu kurang lebih seminggu.

Setelah proses pembukaan rekeningnya selesai, nantinya Anda akan dikonfirmasi dengan nomor RDN yang Anda buka.
5. Menyetor Deposit Awal
Berapa biasanya setoran awal pembukaan rekening saham? Jawabannya bervariasi bergantung pada sekuritas yang Anda gunakan. Rata-rata sekuritas mematok deposit awal sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta.
Beberapa sekuritas asing malahan memberi syarat setoran minimal hingga Rp50 juta. Namun ada juga beberapa sekuritas yang memperbolehkan setoran minimal sebesar Rp250 ribu, atau bahkan Rp100 ribu saja.
6. Download Aplikasi Trading dan Mulai Bertransaksi Saham 
Setelah Anda menerima ID, Password dan PIN, maka Anda sudah dapat memulai berinvestasi saham. Anda dapat mengunduh Aplikasi Trading yang disediakan oleh broker setelah Anda mendapatkan IDPassword dan PIN.
Aplikasi trading ini dapat diunduh dari website broker atau Anda dapat meminta secara langsung pada broker Anda.


Itulah beberapa langkah yang perlu kita lakukan untuk memulai berinvestasi pada saham. 

-6.2382699106.9755726
Exit mobile version