Midas Touch

      No Comments on Midas Touch
Midas touch

Dalam mitologi Yunani, Midas ialah seorang raja yang terkenal karena kemampuannya untuk mengubah semua yang ia sentuh menjadi emas. Kemampuannya disebut dengan sentuhan emas atas sentuhan Midas.

Di era sekarang ini istilah sentuhan Midas banyak digunakan untuk menggambarkan kepintaran seseorang untuk merubah semua hal menjadi sesuatu yang menguntungkan dan bermanfaat.

Dalam dunia bisnis, sentuhan Midas seperti halnya wirausahawan yang dapat merubah semua hal menjadi peluang, dan dengan peluang tersebut ia bisa memanfaatkanya untuk meraih keuntungan.

Muncul pertanyaan, bagaimana kita bisa memiliki sentuhan Midas tersebut?

Untuk Anda yang ingin memiliki sentuhan Midas dalam bisnis, Anda dapat mempelajarinya dari buku karya Robert T. Kiyosaki yang berkolaborasi dengan Donald J. Trump, dengan judul “Midas Touch”.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa agar kita memiliki sentuhan Midas diperlukan 5 (lima) keahlian yang harus kita kuasai dan setiap keahlian tersebut terwakili oleh setiap jari-jari tangan kita.

Apa sajakah keahlian tersebut, saya akan mencoba meringkasnya dalam artikel ini, tanpa berlama-lama langsung saja kita ulas satu per satu.

Baca juga : Beberapa Tips untuk Sukses dalam Bisnis Konsinyasi

  • Kekuatan Karakter (Ibu Jari)

Ibu jari adalah soal kekuatan dan dibutuhkan kekuatan karakter untuk menjadi seorang pengusaha. Orang-orang yang pintar di sekolah tidak sama dengan orang-orang yang pintar karena praktik lapangan.

  1. Ada tujuh jenis kecerdasan. Satu yang paling dibutuhkan oleh pengusaha adalah kecerdasan intrapersonal. Jika Anda memiliki kecerdasan intrapersonal, Anda bisa mengendalikan pikiran yang menghambat dan menghalangi kesuksesan Anda.
  2. Masukan akan datang, entah Anda menyukai atau tidak. Jadi, belajarlah untuk menerima masukan dan belajar dari situ. Pengusaha sukses menerima masukan dan menggunakannya untuk menguntungkan mereka.
  3. Menjadi pengusaha bukanlah satu rencana untuk bisa cepat kaya. Pengorbanan adalah bagian dari perjalanan itu. Dibutuhkan kekuatan karakter untuk terus melangkah.
  4. Menjadi pintar disekolah tidaklah sama dengan menjadi pintar di lapangan. Untuk menjadi seorang pengusaha, Anda memerlukan kekuatan dan ketangguhan yang datang dari praktik lapangan.
  5. Kekuatan tidak berarti Anda harus arogan, kasar, sombong dan mendominasi. Kekuatan adalah satu sikap, disiplin, tekad dan dorongan kuat. Temukan kekuatan Anda.
  6. Pasar mempekerjakan dan memberhentikan Anda setiap hari. Pengusaha dengan sentuhan Midas selalu bangkit, membersihkan debu dari diri mereka, dan kembali melangkah.
  • Fokus (Jari Telunjuk)
  1. Spesialisasi bukanlah sahabat Anda. Anda mungkin sudah terlalu terspesialisasi. Jika itu kondisinya, cobalah mengalami lebih banyak ragam aspek bisnis dan kehidupan. Anda tidak mesti mengetahui segala sesuatu tentang aspek-aspek itu. Cukup kenali aspek-aspek itu saja. Atasi kecenderungan alamiah untuk tinggal di zona nyaman Anda. Jangan terus terkubur dalam detail.
  2. Semakin lama Anda tinggal di sekolah, biasanya semakin terspesialisasi diri Anda. Anda mengetahui lebih banyak tentang semakin sedikit hal. Lakukan dobrakan dengan menggarap proyek-proyek berbeda. Lakukan kerja sukarela dan lakukan apa pun yang Anda bisa untuk memperluas wawasan.
  3. Kewirausahaan menyukai kaum generalis. Semakin banyak Anda membaca, melihat, mendengar dan berbuat, semakin besar pengalaman hidup Anda. Jalanilah hidup Anda dengan meyakini bahwa mengetahui sedikit tentang banyak hal merupakan sesuatu yang baik.
  4. Tentukan fokus Anda dan tetapkan sasaran tinggi. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa Anda capai sampai Anda berfokus mencapainya. Tanyai diri Anda secara jujur, jika Anda tidak punya halangan, seberapa besar yang Anda inginkan? Setelah Anda tahu, mengapa menawarkan diri Anda secara murah? Segala sesuatu dimungkinkan dalam dunia kita yang saling terkait ketika Anda sudah mengizinkan dan memfokuskan diri Anda.
  • Merek (Jari Tengah)
  1. Apabila Anda tidak bisa membangun bisnis Anda menjadi sebuah merek, Anda tidak akan pernah bisa memiliki sentuhan Midas.
  2. Merek Anda harus asli, bukan palsu. Orang bisa mendeteksi merek palsu.
  3. Merek bukanlah logo. Merek adalah janji yang Anda tawarkan dan pengalaman yang Anda berikan.
  4. Orang membeli dengan hati mereka dan membenarkan pembelian mereka dengan pikiran mereka. Jadi, milikilah keberanian untuk mencari gairah hati Anda dan menuangkannya ke dalam merek Anda.
  5. Cari tahu apa yang benar-benar menggerakkan Anda. Anda harus memiliki gairah supaya bisa mendapatkan sentuhan Midas.
  6. Jika Anda terlalu pelit untuk berinvestasi pada merek Anda, sentuhan Midas pun tidak akan menghampiri Anda. Maksudnya pelit adalah dari segi uang, waktu, komitmen dan sumber daya manusia.
  7. Lakukan apa yang diperlukan untuk mengasah kemampuan berbicara Anda di depan publik. Anda jelas akan membutuhkan kemampuan itu.
Luginahijab.com
  • Hubungan (Jari Manis)
  1. Tidak semua orang mampu menjadi mitra dan tidak semua orang memerlukan mitra. Namun, mitra yang memiliki kemampuan berbeda dari Anda bisa sangat berharga.
  2. Mitra tidak selalu sepakat. Namun, jika Anda tidak keluar dari ketidaksepakatan dengan ide yang lebih baik, kemitraan itu mungkin buruk.
  3. Ada banyak tipe orang yang akan menjadi mitra kerja Anda. Dekati mereka berdasarkan kebutuhan mereka, bukan kebutuhan Anda.
  4. Anda memerlukan investor untuk berkembang. Bagian dari membangun hubungan yang kokoh adalah menghormati waktu mereka, perhatian mereka dan bersikap lugas dengan informasi cepat.
  5. Pada akhirnya, semakin Anda berkembang lewat orang-orang yang mengelilingi Anda, semakin berkembang pula bisnis Anda. Bersikaplah selektif.
  6. Bermitralah dengan orang-orang yang memahami nilai, sikap dan motivasi Anda.
  7. Rancanglah rencana untuk mengakhiri kemitraan sebelum Anda mulai. Caranya, rancanglah kesepakatan jual beli. Anda mungkin mendapati Anda tidak cocok bahkan sebelum Anda mendatanganinya. Itu berarti hal yang bagus.
  • Hal-Hal Kecil yang Berarti (Jari Kelingking)
  1. Berusahalah menemukan hal-hal kecil dalam bisnis Anda yang bisa menjadi hal yang besar bagi pelanggan Anda. Temukan karunia Anda.
  2. Pilih taktik Anda dan tentukan strategi untuk mewujudkan taktik tersebut. Buatlah semua sederhana dan realistis.
  3. Sentuhan Midas menuntut disiplin. Anda bisa menjadi seorang pemberontak, tapi pahamilah bahwa itu akan menuntut tingkatan tanggung jawab pribadi, finansial dan bisnis yang baru.
  4. Dermawan dalam hal tenaga dan kesuksesan Anda. Ajak orang lain untuk bergabung dan beri mereka ganjaran setimpal. Sentuhan Midas bukanlah olah raga pemain tunggal, melainkan kerja tim.
  5. Tidak ada yang namanya hal kecil. Segala sesuatu itu berarti, jadi rekrut orang dengan bijak dan ilhami tim dengan visi Anda. Tim Andalah yang akan mengemban visi itu dan mewakili Anda.
  6. Berpikirlah besar, patoklah visi tinggi dan kejarlah itu. Anda akan terkejut dengan apa yang bisa Anda capai ketika melakukan hal ini.
  7. Sadarilah bahwa bakat terpenting seorang pengusaha bagi dunia adalah pekerjaan, keamanan dan kesejahteraan bagi orang lain.
  8. Sadarilah bahwa dunia membutuhkan lebih banyak pengusaha. Semua orang mengandalkan diri Anda.

Itulah 5 (lima) keahlian yang harus kita kuasai untuk mendapatkan sentuhan Midas yang saya rangkum dari buku “Midas Touch” karya Robert T. Kiyosaki dan Donald J. Trump. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari buku tersebut dan bisa dipraktekkan guna mengembangkan bisnis kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *