3 Skill Meningkatkan Harta Menurut Arli Kurnia

Arlianto Kurniawan, atau lebih populer dengan nama Arli Kurnia, pria kelahiran Jakarta, 2 Juni 1981 adalah seorang pengusaha yang dikenal banyak orang dengan pelatihan dan tips-tips bisnisnya.

Jargon “membebaskan diri dari utang” sangat identik dengan dirinya, begitu juga kiat membangun usaha tanpa modal “bank”.

Arli adalah Direktur Utama dari PT Sukses Niaga Solusindo yang terkenal dengan produk penghemat BBM bermerek Cleanoz. Ia mengawali karirnya sebagai penjual “cairan ajaib” untuk kendaraan bermotor itu pada tahun 2012.

Usahanya pun berhasil membawanya pada sosok pebisnis sukses. Namun, hal itu diperolehnya tentu bukan dengan cara yang instan.

Arli Kurnia pun berbagi wawasannya mengenai dunia keuangan dan bisnis melalui media Youtube. Dengan nama akun Youtube “Arli Kurnia” sampai dengan saat ini ia sudah mengumpulkan lebih dari 850 ribu subsciber, dan vidio-vidionya sudah ditonton lebih dari 32 juta kali.

Dalam akun Youtube-nya pula ia pernah mengunggah video yang menurut saya sangat menarik. Dalam vidio itu, Arli Kurnia membahas mengenai 3 skill yang harus kita miliki, untuk meningkatkan harta.

Di sini saya akan mencoba meringkasnya untuk Anda, point-point penting apa saja yang dapat kita ambil dari vidio youtube Arli Kurnia tersebut.

Jadi menurut beliau, apabila kita ingin meningkatkan harta, kita harus memiliki 3 skill penting ini, yaitu :

  1. Skill Memperoleh Uang,
  2. Skill Mengumpulkan Uang, dan
  3. Skill Menumbuhkan Uang

Mari kita bahas secara mendalam satu-persatu dari ketiga skill di atas.

Baca juga : 3 Langkah Antisipasi Saat Kehilangan Pekerjaan

1. Skill Memperoleh Uang

Kemampuan yang pertama jika kita ingin meningkatkan harta ialah kemampuan dalam hal memperoleh uang. Kemampuan ini bisa dibilang menjadi hal yang paling mendasar apabila kita ingin sukses dalam meningkatkan harta.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk memperoleh uang, yaitu :

  • Bekerja kepada orang lain atau menjadi karyawan, untuk kemudian kita mendapatkan gaji dari pekerjaan tersebut.
  • Menjual barang dan jasa, di sini penghasilan yang Anda dapatkan adalah berupa keuntungan dari jual beli tersebut.
  • Menjual keahlian, di sini pekerjaan Anda adalah menjual keahlian Anda yang nantinya Anda akan mendapatkan honor dari setiap klien, contohnya menjadi penyanyi.
  • Menjalankan usaha, di sini Anda membuka usaha bersama tim Anda, dan penghasilan Anda berasal dari laba usaha.
  • Ikut network marketing, di sini Anda akan menjadi agen alias perantara dari sebuah perusahaan yang memiliki barang dan jasa untuk dijual.
luginahijab.com

2. Skill Mengumpulkan Uang

Setelah kita mampu untuk menghasilkan atau memperoleh uang, kemampuan kedua yang harus kita miliki ialah kemampuan dalam hal mengumpulkan uang atau menabung.

Jangan sampai hasil dari kerja keras kita selama ini, habis tanpa tersisa di setiap periodenya. Atau pendapatan yang kita peroleh berbanding lurus dengan pengeluaran yang kita keluarkan, lebih parahnya lagi apabila lebih besar pasak daripada tiang.

Kemampuan menabung ini memang terlihat sederhana, akan tetapi dalam menjalankannya perlu konsistensi dan tekad yang sangat kuat. Tentu kita tidak boleh tergoda oleh kepuasan sesaat yang akan membuyarkan tekad kita untuk mengumpulkan uang.

Kita harus memiliki tekad yang kuat untuk menunda kesenangan kita di masa sekarang untuk mendapatkan jaminan kesenangan yang lebih baik di masa yang akan datang, istilahnya delay gratification.

Cara mengumpulkan uang ini pun bisa dengan beberapa macam, seperti menabung di bank apabila tujuan kita mengumpulkan uang dalam jangka waktu yang singkat.

Kita juga bisa menabung dalam emas apabila tujuan kita ingin mengumpulkan uang untuk jangka panjang, karena emas nilainya selalu menyesuaikan dengan tingkat inflasi, sehingga nilai uang kita di masa depan tidak akan tergerus oleh inflasi.

3. Skill Menumbuhkan Uang

Kemampuan terakhir yang harus kita miliki ialah kemampuan untuk menumbuhkan uang. Kemampuan ini juga yang menjadi alasan mengapa orang kaya semakin kaya dan orang biasa akan tetap seperti itu selamanya.

Rata-rata orang Indonesia hanya memiliki dua kemampuan saja, yaitu kemampuan memperoleh uang dan kemampuan untuk mengumpulkan uang. Padahal itu saja tidak cukup, karena kalaupun orang tersebut bisa menjadi kaya, itu akan membutuhkan jangka waktu yang cukup lama.

Kemampuan menumbuhkan uang ini pun sering kita dengar dengan istilah berinvestasi. Keunggulan dengan kita berinvestasi ialah kita bisa memiliki multiple income streams atau memiliki penghasilan yang lebih dari satu.

Kita bisa berinvestasi di mana saja, misalnya apabila kita tinggal di daerah pedesaan, kita bisa berinvestasi di tanah yang ditanami pohon. Sedangkan apabila kita tinggal di daerah perkotaan, kita bisa berinvestasi pada toko atau ruko yang disewakan, kost-kostan dan banyak lagi yang lainnya.

Kita juga bisa melakukan investasi dalam pasar modal atau berinvestasi dalam aset kertas, seperti saham, reksadana, tetapi perlu diingat untuk selalu mencari instrumen investasi yang halal atau sesuai dengan syariah.

Itulah beberapa point penting yang saya ambil dari penjelasan Arli Kurnia mengenai skill meningkatkan harta dalam akun youtube-nya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *