Apa itu Willpower? Dan Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?

Sudah pernahkan Anda mendengar istilah willpower? Mungkin istilah ini jarang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi willpower inilah yang justru akan menentukan keberhasilan dan kebahagiaan hidup kita.

Baca juga : Apa itu FOMO Syndrome? Gejala dan Dampak Buruk yang Akan Timbul

Lantas Apa itu Willpower?

Willpower adalah sebuah istilah untuk menggambarkan kekuatan kemauan atau tekad. Willpower ini merupakan modal yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup. Bahasa lainnnya willpower ini bisa diibaratkan seperti sebuah baterai yang berisi tekad kita. Maka dari itu, kita harus menggunakannya sebijak mungkin dan harus selalu kita isi ulang setiap harinya.

Beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam willpower ini diantaranya :

Willpower Memiliki Kapasitas yang Terbatas

Seperti yang sudah saya paparkan di atas, willpower itu ibarat baterai, oleh sebab itu willpower ini memiliki kapasitas yang terbatas. Kapasitas willpower akan semakin menurun seiring dengan penggunaannya.

Pada pagi hari willpower ini memiliki kapasitas yang optimal. Akan tetapi semakin sore dan beranjak ke malam hari, kapasitas willpower ini akan semakin menurun.

Willpower untuk Semua Aktivitas

Kita menggunakan stok willpower yang sama untuk melakukan aktivitas yang berbeda-beda. Mirip seperti baterai handphone, semakin banyak aplikasi yang kita gunukan, maka baterai handphone tersebut pun akan semakin cepat berkurang isinya.

Semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari menggunakan stok willpower yang sama. Oleh karena itu, gunakanlah willpower yang kita miliki setiap harinya untuk hal yang positif dan bermanfaat, supaya willpower yang kita gunakan tidak habis dengan sia-sia.

Willpower Bisa Nge-drop Jika Tidak Dikelola dengan Baik

Willpower harus kita kelola dengan sebaik mungkin, jika tidak, kita bisa mengalami kelelahan secara mental. Akibatnya kemampuan untuk pengendalian diri kita akan semakin berkurang.

Kelolalah willpower kita dengan hati-hati dan sebaik mungkin, atur supaya willpower yang kita memiki selalu dalam keadaan yang stabil, jangan terlalu tinggi atau ngoyo, dan jangan pula terlalu rendah bahkan tidak memiliki willpower sama sekali.

luginahijab.com

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Willpower?

Orang bijak mengatakan, “sukses adalah terselesaikannya hal-hal kecil dengan baik hari demi hari guna mewujudkan suatu tujuan yang lebih besar”, atau dengan kata lain menikmati posesnya. Apa yang terlihat sebagai sukses besar pada diri seseorang sebenarnya memerlukan proses yang panjang dalam melatihnya.

Banyak orang-orang yang kita lihat di luar sana sepertinya memiliki willpower yang luar biasa, tentunya mereka memiliki suatu kebisaan harian yang membuat willpower mereka semakin meningkat dan bertambah kuat. Lalu, apa sajakah kebiasaan yang dapat mengoptimalkan willpower tersebut, berikut uraiannya :

Lakukan Aktivitas Terpenting di Pagi Hari

Willpower kita berada di kapasitas optimal saat pagi hari. Jangan habiskan willpower tersebut dengan sesuatu hal yang sia-sia. Gunakanlah dengan sebaik mungkin untuk semua aktivitas yang menurut Anda paling penting. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengerjakan hal-hal yang paling berpengaruh kepada hidup Anda.

Hindari Memutuskan Hal Penting pada Sore Hari

Pada sore hari, metal kita sudah semakin terkuras dan mengalami kelelahan. Kapasitas willpower kita pun sudah mengalami penurunan dan semakin berkurang. Hundari memutukan sesuatu yang penting, seperti negosiasi bisnis, rencana masa depan, ataupun hal genting lainnya seperti dalam urusan berumah tangga misalnya.

Ketika mental kita semakin lelah, kita akan mengalami hal seperti kekacauan dalam berpikir, yang mengakibatkan kita tidak dapat berpikir dengan jernih. Dan mungkin Anda malah akan memutuskan seuatu hal penting dengan cara yang emosional.

Hindari Multitasking

Mengerjakan bebagai pekerjaan dalam satu waktu yang bersamaan bukanlah hal yang baik, itu malah akan mengurangi fokus Anda. Mari kita contohkan : Sebutkan 50 nama kota besar di Indonesia. Sambil Anda menuliskannya, hitung hasil dari perkalian 16 x 37. Bisakah Anda melakukannya sekaligus?

Otak kita dirancang untuk melakukan singletasking bukan multitasking. Melakukan multitasking akan membuat mental Anda semakin lelah dan tentunya akan membuat kapasitas willpower yang Anda miliki menurun secara drastis.

Berlatih Hadir Utuh Di Sini, Saat Ini

Berdasarkan sebuah riset dari Harvard University, 47% waktu terjaga kita, kita gunakan untuk memikirkan hal yang sudah terjadi (masa lalu) atau hal yang belum terjadi (masa depan), atau dalam istilah dinamakan The Wandering Mind. Sayangnya ini merupakan penyebab dari ketidakbahagiaan yang kita miliki. Saat kita tidak bahagia, lagi-lagi mental kita akan menjadi cepat lelah.

Chunking

Chunking adalah proses memecah pekerjaan yang kompleks dan besar menjadi pekerjaan yang lebih kecil. Sehingga kita dapat mengerjakannya tanpa beban. Hal ini tentu saja akan sangat menghemat willpower yang kita gunakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai willpower dan cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan willpower itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *