Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini

      No Comments on Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini
Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini
Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini

Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini. Kesempatan mendapat penawaran program pensiun dini dari perusahaan memang sangat langka dan tidak selalu ada. Bila Anda ingin keluar dari perusahaan, seringnya Anda harus mengajukan resign bukan pensiun dini.

Berbeda dengan mengajukan diri untuk resign, uang pisah yang bisa Anda terima dari program pensiun dini memang sangat menggiurkan. Perbedaannya bisa sangat jauh bahkan berkali-kali lipatnya.

Hal ini lah yang bisa membuat emosi kita naik dan tanpa berpikir panjang langsung ambil bagian dari program pensiun dini tersebut. Seringnya orang merasa menyesal di kemudian hari akan keputusannya yang tidak berdasar. Maka, pastikan hal ini terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk pendi.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Menurut Islam

Sudah Diterima di Perusahaan Lain

Alasan ini memang cukup standar dan biasa dilakukan oleh orang pada umumnya, sama halnya ketika memutuskan diri untuk resign. Tetapi kenyataannya memang sangat masuk akal. Karena hal yang pertama ditakutkan ketika tidak mempunyai pekerjaan ialah tidak memiliki penghasilan.

Tetapi cara ini agaknya terlalu sulit untuk dilakukan, karena program pendi ini tidak selalu ada dan pemberitahuannya pun bisa sangat mendadak, sehingga tidak ada waktu untuk mempersiapkan mencari pekerjaan baru di perusahaan lain.

Memiliki Skill yang Laris Manis

Sama halnya dengan pertimbangan pertama, tujuan pendi disini sepertinya hanya untuk mendapatkan keuntungan dari uang pisahnya saja. Sah-sah saja untuk dilakukan, tetapi sebelumnya pastikan dulu bahwa skill yang kita miliki laris manis di bursa kerja.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan kembali setelah memutuskan pensiun dini. Sehingga Anda tidak perlu berlama-lama untuk menganggur.

Walaupun boleh, seperti halnya dengan cara pertama, cara ini pun sangat tidak saya anjurkan, karena selain tidak fair, hal ini bertentangan dengan prinsip pensiun dini yang sebenarnya. Lain cerita apabila Anda dipaksa untuk “pensiun dini” oleh perusahaan.

luginahijab.com

Memiliki Sumber Pendapatan Lain

Hal yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya ialah, apakah Anda memiliki sumber pedapatan lain selain dari gaji sebagai karyawan. Kalau iya, Anda boleh banget mengajukan diri dalam program pensiun dini.

Sumber pendapatan lain disini bisa Anda peroleh dari usaha milik pribadi ataupun Anda juga bisa menjadi seorang freelancer. Mungkin inilah saat yang tepat untuk Anda memutuskan pendi dan mulai fokus untuk mengembangkan usaha Anda sendiri ataupun kegiatan Anda yang lain.

Catatan untuk Anda disini ialah pastikan pendapatan yang Anda peroleh dari sumber lain harus sama atau lebih besar dari pendapatan Anda sebagai karyawan.

Memiliki Passive Income

Apabila Anda sudah memiliki passive income yang cukup untuk membiayai hidup Anda, tanpa perlu berpikir lama, langsung saja Anda ambil kesempatan pensiun dini tersebut. Karena memiliki passive income ialah tujuan dan makna dari pensiun itu sendiri.

Passive income ialah penghasilan yang akan selalu Anda terima walaupun Anda sedang tidur sekalipun. Kasarnya untuk apa lagi Anda bekerja jikalau sebenarnya Anda bisa memperoleh penghasilan tanpa Anda harus kerja. Kecuali bagi Anda yang bekerja atas dasar keinginan bukan karena kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum pensiun dini. Semoga dapat membantu dalam pertimbangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *