Site icon mencobausaha.com

Manfaat Membuat Business Plan

Manfaat Membuat Business Plan
Manfaat Membuat Business Plan

Manfaat Membuat Business Plan – Banyak orang yang tidak terlalu aware dengan kegunaan dan manfaat dari business plan. Padahal untuk membangun sebuah bisnis yang terencana dengan baik dari awal pembukaan sampai akhirnya berdiri, kita perlu membuat business plan.

Mungkin untuk mendirikan bisnis dengan kepemilikan pribadi, kita kurang begitu memperhatikan business plan (seharusnya selalu membuat business plan), tetapi untuk kita yang akan menjalankan usaha bersama-sama, business plan wajib hukumnya.

Hal tersebut dikarenakan di dalam business plan kita akan bersama-sama menuangkan konsep dan visi bersama, jadi business plan ini bisa menjadi guide tertulis untuk membangun bisnis nantinya. Ada pun manfaat lainnya dari business plan, adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tips Membuat Business Plan Sederhana

Manfaat #1: Tujuan Bisnis Menjadi Lebih Jelas

Seperti yang sudah kita bahas di atas, di dalam sebuah business plan kita akan menuangkan konsep dan visi dari bisnis yang akan kita bangun. Sehingga business plan bisa menjadi guide yang selalu kita pegang untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Di dalam business plan kita akan menuangkan hal-hal apa saja yang kita perlukan untuk mendirikan sebuah usaha dari awal sampai akhir. Maka dengan menyusun business plan, usaha kita akan lebih terarah dalam mencapai target yang ingin kita capai.

Manfaat #2: Prioritas Lebih Masuk Akal

Di dalam membuat sebuah business plan, kita akan menentukan prioritas terhadap bisnis kita. Prioritas itu mencakup perkembangan usaha, kesehatan keuangan dan manajemen bisnis.

Menentukan prioritas ini bisa dibilang cukup penting, karena jika kita berfokus pada prioritas yang sudah kita tetapkan sejak awal, maka bisnis kita akan lebih cepat berekembang.

luginahijab.com

Manfaat #3: Business Plan akan Meminimalisir Resiko

Dengan membuat business plan, tentu saja kita sedang melakukan persiapan membangun dan menjalankan suatu bisnis dengan serius dan profesional.

Dengan membuat business plan kita bisa melakukan mitigasi resiko dengan mengetahui masalah apa saja yang akan kita hadapi dan kita bisa mempertimbangkan dampak dari setiap masalah tersebut serta mencari jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada.

Hal ini tentunya dapat meminimalisir resiko gagal dalam perjalanan bisnis yang begitu panjang.

Manfaat #4: Memprediksi Masa Depan

Dengan business plan yang matang kita dapat memprediksi masa depan dari bisnis kita. Tentu ketika kita menyusun rencana bisnis, kita akan membuat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang dari bisnis kita.

Meski hal ini sifatnya subjektif, namun tidak menutup kemungkinan bahwa prediksi kita dapat terealisasi. Tentu saja prediksi tersebut harus didukung dengan adanya riset dan survey yang dapat dituangkan dalam bagian strategi.

Manfaat #5: Mencari Sumber Dana

Dengan memiliki business plan yang detail, maka kita dapat mengetahui informasi yang akurat yang berhubungan dengan permodalan usaha. Hal ini dapat kita gunakan sebagai media untuk mendapatkan investor yang bersedia membantu kita dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Rancangan yang informatif dan detail akan membuat calon investor memiliki gambaran yang jelas akan usaha kita. Terlebih jika kita mampu meyakinkannya untuk bekerja sama dengan kita.

Itulah beberapa manfaat membuat business plan yang berguna untuk pengembangan usaha kita. Dengan banyaknya manfaat di atas, sebaiknya kita tidak melewatkan untuk membuat business plan ketika kita akan membangun sebuah usaha.

Exit mobile version