Site icon mencobausaha.com

Tips Memilih Lokasi Properti untuk Investasi

Tips Memilih Lokasi Properti
Tips Memilih Lokasi Properti

Tips Memilih Lokasi Properti untuk Investasi – Investasi properti memang salah satu instrumen investasi yang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya banyak yang beranggapan bahwa invetasi ini minim resiko.

Selain itu, kebanyak orang sependapat bahwa properti ialah salah satu instrumen investasi yang harganya selalu naik. Pendapat tersebut bisa benar bisa salah. Jika yang mereka katakan ialah properti yang berada di Indonesia, memang benar.

Tetapi, apabila berbicaranya sudah dunia, lain cerita, Amerika Serikat pernah mengalami krisis yang mengakibatkan menurunnya harga properti di negara tersebut, yaitu krisis bubble property pada tahun 2008.

Selama hal itu belum terjadi di Indonesia, properti akan tetap menjadi primadona investasi. Dan tidak akan pernah sepi peminat, khususnya untuk properti yang berada di daerah perkotaan.

Kesuksesan dalam investasi properti itu sendiri kuncinya tidak jauh-jauh dari lokasi, lokasi dan lokasi. Oleh sebab itu, berikut tips memilih lokasi properti untuk investasi, supaya Anda bisa mendapatkan cuan yang besar.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Rumah yang Jarang Disadari

Tips #1: Lokasi dengan Prospek Terbaik

Pemilihan lokasi yang tepat akan membuat properti yang Anda beli memiliki nilai jual yang tinggi di masa depan. Pemilihan lokasi ini sangat menentukan keberhasilan Anda di masa yang akan datang.

Kita harus mampu melihat potensi dari sebuah properti dari awal, selain karena harganya yang masih terjangkau, dengan tingkat kenaikan harga tersebut pun kita bisa mendapatkan cuan yang maksimal.

Jadi, pastikan selalu untuk mempertimbangkan dan memilih lokasi yang tepat sejak awal, agar investasi properti yang kita lakukan bisa memberikan potensi keuntungan yang besar.

Tips #2: Akses Menuju Lokasi

Akses menuju lokasi properti tentu akan menjadi poin berikutnya yang wajib Anda cermati. Lokasinya harus strategis, yaitu lokasi yang mudah dijangkau dari berbagai titik kedatangan sekaligus. Seperti lokasi yang berada di jalan besar atau utama dan mudah untuk dipetakan kepada orang awam. Selain itu, lokasi tersebut pun harus terletak di area yang memang memiliki potensi perkembangan yang baik.

Namun, properti yang berada di lokasi yang strategis harganya akan cukup mahal bila dibandingkan dengan lokasi yang masih sepi. Maka dari itu, kembali ke tips pertama, kita harus mampu mengetahui properti yang strategis lebih awal sebelum harga properti tersebut naik.

Tips #3: Pertimbangkan Fasilitas yang Tersedia

Berbagai fasilitas di sekitar lokasi juga wajib menjadi pertimbangan Anda. Poin ini akan sangat penting khususnya untuk Anda yang berniat berinvestasi dalam properti apartemen.

Bukan hanya fasilitas air dan listrik saja, namun berbagai fasilitas umum pun patut Anda pertimbangkan, seperti jalan raya, akses kendaraan umum, fasilitas kesehatan, pasar, minimarket, sekolah dan yang lainnya.

Tips #4: Temukan Developer Terpercaya

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam properi yang melibatkan pihak ketiga, seperti developer perumahan. Pastikan reputasi developer yang akan Anda pilih baik, sehingga tidak akan mengalami masalah setelah Anda membeli properti tersebut.

Pilih developer terpercaya yang telah memiliki pengalaman bisnis yang baik di bidang properti, sehingga kinerja mereka maksimal dan tidak sampai mengecewakan Anda di masa yang akan datang.

Tips #5: Harga dan Fasilitas Pembayaran yang Tepat

Pastikan Anda mendapatkan harga terbaik dalam pembelian properti yang Anda lakukan, terutama jika Anda akan melakukan pembelian secara tunai. Untuk pembelian secara kredit, pastikan Anda memilih bank yang tepat dalam meperoleh pinjaman.

Tanyakan informasi secara detail terkait pembayaran ini, termasuk metode pembayaran apa saja yang bisa dilakukan. Hal ini penting untuk mencegah berbagai masalah yang bisa merepotkan Anda di kemudian hari.

Itulah tips memilih lokasi properti terbaik untuk investasi Anda. Lokasi yang baik akan menentukan keberhasilan Anda dalam berinvestasi.

Exit mobile version