Site icon mencobausaha.com

Tips Membangun Koneksi atau Jaringan yang Baik

Tips Membangun Koneksi atau Jaringan yang Baik
Tips Membangun Koneksi atau Jaringan yang Baik

Tips Membangun Koneksi atau Jaringan yang Baik – Kali ini kita akan mengupas satu buku self help yang menurut saya bagus banget untuk pengembangan diri kita. Buku karya dari Fellexandro Ruby yang berjudul You Do You.

Salah satu bab-nya membahas mengenai bagaimana cara kita membangun sebuah koneksi atau jaringan. Koneksi atau jaringan ini menurut saya sangat penting. Karena dengan memiliki jaringan yang kuat dan baik, tentunya dengan orang-orang yang baik dan positif, ini bisa membantu kita dalam meraih kesuksesan yang kita inginkan.

Lalu apa saja tips membangun koneksi atau jaringan menurut buku You Do You. Langsung saja kita ulas satu per satu:

Baca juga: Review Buku Malas tapi Sukses Karya Fred Gratzon

Tips #1: Mindset

Mindset atau pola pikir kita harus benar dulu. Kita lagi membangun koneksi bukan bertransaksi, jadi tidak ada embel-embel mencari keuntungan hanya untuk diri sendiri dalam hal ini. Make genuine connections.

Tips #2: Bangun Jaringan Bahkan Sebelum Kita Membutuhkannya

Kasarnya jangan kita mendekati seseorang hanya karena kita lagi membutuhkan orang tersebut. Buatlah koneksi atau jaringan yang baik kapan pun dan tanpa mengharapkan apa pun.

Tips #3: Give, Give, Give, Receive

Biasakan untuk memberikan value dalam peretemanan. Bantu mereka jika ada yang mereka butuhkan. Hubungkan mereka ke orang-orang yang mungkin kita juga kenal. Berbagi ilmu dan pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi mereka.

Tips #4: Jangan Lupa Follow Up

Satu hal yang sering terlewat dan akhirnya kehilangan momentum adalah lupa follow up. Sering ketika kita bertemu seseorang di sebuah acara, kita bertukar kontak, kartu nama, tapi kartu nama ini berakhir di tong sampah, atau baru ingat lagi beberapa bulan kemudian setelah terselip di mobil, kantor dan tempat lainnya.

Biasakan follow up entah via e-mail atau WhatsApp dalam waktu kurang dari 24 jam. Apa saja yang bisa kita tulis ketika kita ingin follow up seseorang:

Tips #5: Jaga Koneksi Anda Juga Secara Virtual

Timing dengan baik. Nyalakan notifikasi. Usahakan hadir (comment/ share/ message) ketika mereka baru post sesuatu. Ini akan menambah kemungkinan mereka melihat dan membalas.

Ping regularly. Berbagi artikel, tulisan, video atau sesuatu yang Anda rasa bermanfaat untuk mereka. Lets them know you are thinking of them.

Tips #6: Online to Offline

Menurut para ahli, Anda membutuhkan dua kali pertemuan di luar kantor atau tempat kerja untuk membuat seseorang berpindah status dari kenalan menjadi teman.

Ketika sedang berada di luar kota, biasakan untuk selalu cek apakah ada yang available untuk ketemuan, lunch atau ngopi dengan seseorang yang menjadi koneksi Anda di kota tersebut.

Tips #7: Buat Kategori

Tujuannya adalah untuk memfokuskan Anda ke jaringan yang lagi ingin diseriuskan. Mungkin ada koneksi yang perlu Anda ping sebulan sekali, seminggu sekali atau lebih sering dari itu.

Tips #8: Jangan Menggunakan Informasi Rahasia atau Gosip Sebagai Bagian dari Peretemanan

Awalnya akan menarik karena Anda dilihat sebagai sumber informasi, tapi lama-kelamaan Anda akan kehilngan kepercayaan dari mereka.

Tips #9: Lupakan “Follow Back dong, Mas”

Jika Anda sekeren itu, dan mengikuti saran yang sudah dibagikan sebelumnya, lama-kelamaan juga akan di-follow sendiri oleh mereka, tanpa Anda minta.

Tips #10: Whenever Possible, Ask a Friend to Connect

Ini adalah jalan tercepat dan paling mulus untuk berkenalan dan membangun jaringan baru. Memulai dari orang-orang random, tanpa mutual friend, lewat message/DM/e-mail. Bukannya tidak bisa, cuma prosesnya jauh lebih kompleks. Kecuali memang benar-benar tidak ada jaringan ke orang tersebut, then do e-mail/message.

Itulah tips membangun koneksi atau jaringan yang baik menurut buku You Do You karya Fellexandro Ruby. Semoga dapat memberikan wawasan untuk Anda yang ingin menguatkan koneksi atau jaringan pertemanan Anda.

Exit mobile version