Site icon mencobausaha.com

Belajar Usaha dari Mereka yang Berpengalaman

Belajar Usaha dari Mereka yang Berpengalaman
Belajar Usaha dari Mereka yang Berpengalaman

Belajar Usaha dari Mereka yang Berpengalaman – Ketika kita memiliki sebuah usaha, pastinya ada banyak hal yang harus kita lalui. Kurangnya pengalaman kita dalam menjalankan usaha, kegagalan demi kegagalan pasti akan kita dapatkan.

Maka dari itu, penting untuk kita selalu belajar dari mereka yang sudah berpengalaman. Dari mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam menjalankan usaha. Dari mereka yang sudah merasakan setiap kegagalan demi kegagalan.

Ketika kita belajar dari mereka, tentu kita akan tahu hal-hal apa saja yang harus dan jangan kita lakukan dalam menjalankan usaha agar terhindar dari kegagalan dan meraih kesuksesan.

Kegagalan memang penting. Darinya kita bisa belajar untuk lebih baik lagi. Tetapi belajar dari kegagalan mereka yang sudah berpengalaman akan lebih mempermudah pekerjaan kita dalam menjalankan sebuah usaha.

Seringlah bertanya kepada mereka yang berpengalaman di bidang usaha. Beberapa pertanyaan berikut ini penting untuk kita sampaikan. Apa saja? Langsung saja kita ulas satu per satu.

Baca juga: Keahlian Penting bagi Pengusaha

Bagaimana Keadaan Usaha Dewasa ini?

Mengetahui hal ini dari orang lain bisa menjadi tolok ukur perekonomian secara informal yang baik. Sering kali Anda mendapat gambaran tren yang berlaku, yang bisa membantu Anda menangkap peluang atau sebaliknya, menghindari masalah.

Misalnya ada bebeberapa orang yang mengatakan jumlah tawaran proyek atau pekerjaan mereka banyak, mungkin sebaiknya Anda menggencarkan pemasaran Anda. Dengan bertanya Anda bisa belajar banyak.

Bagaimana Cara Anda Menarik Klien Baru?

Produk atau pelayanan yang ditawarkan dari satu usaha ke usaha lain mungkin berbeda, tetapi pemasaran bisa sangat mirip. Dengan berlajar pemasaran dari mereka yang berpengalaman akan muncul banyak ide bagus tentang cara menarik klien baru.

Seringlah tanyakan itu kepada mereka yang berpengalaman. Dengan sering bertanya bisa merangsang timbulnya ide dan usaha baru.

Apa Rintangan Terbesar yang Anda Hadapi demi Meraih Kesuksesan?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang sangat bagus. Mencari tahu masalah apa yang berhasil diatasi oleh orang lain bisa sangat membantu Anda dan bisa menghemat waktu, serta uang Anda. Selain itu dengan bertanya hal ini kepada mereka yang sudah berpengalaman, mereka pun bisa memberikan saran terbaik kepada kita agar terhindar dari masalah serupa.

Andai Anda Harus Mengulanginya Kembali, Apa yang Akan Anda Lakukan?

Tanyakan kepada mereka seandainya mengulanginya kembali apa yang akan Anda lakukan? Apa yang tidak akan Anda lakukan? Kenapa kita tidak menghindari kesalahan?

Boleh Saya Melihat Kegiatan Usaha Anda?

Percayalah pemilik usaha yang sudah berpengalaman sangat senang berbagi cerita tentang fasilitas dan kegiatan usaha yang mereka miliki, dan Anda pun dapat belajar banyak dari ide hebat dan fasilitas tersebut.

Konsultan Apa yang Anda Pakai? Siapa yang Paling Baik?

Ketika usaha Anda mulai berkembang dan menjadi besar, tanyakan kepada mereka konsultan apa yang mereka pakai? Ada banyak konsultan bisnis atau usaha hebat yang bisa benar-benar membantu Anda. Tetapi, ada banyak juga konsultan yang buruk.

Konsultan yang baik adalah konsultan yang ketika Anda berbicara singkat kepada mereka mengenai masalah yang timbul, Anda akan langsung mendapatkan solusinya.

Ingat, mengajukan pertanyaan hanyalah separuh pekerjaan dari langkah ini. Separuh lainnya adalah mendengarkan dengan baik, mencatat jawabannya dan melakukannya.

Belajar usaha dari mereka yang berpengalaman akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan usaha yang sedang Anda lakukan.

Exit mobile version