Site icon mencobausaha.com

Mencari Peluang Usaha Sesuai Minat

Mencari Peluang Usaha Sesuai Minat
Mencari Peluang Usaha Sesuai Minat

Mencari Peluang Usaha Sesuai Minat – Banyak ide usaha yang ada di kepala kita. Tetapi kita tidak tahu ide usaha mana yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Apakah kita harus merealisasikan ide tersebut satu per satu?

Tidak ada salahnya memang jika kita mencoba semua ide usaha tersebut. Tetapi, apakah kita memiliki modal yang cukup besar bila satu persatu usaha tersebut tidak berhasil dan kita mengalami kerugian. Memang kita tidak akan tahu keberhasilannya ketika belum mencoba.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui peluang usaha mana yang mungkin akan berhasil sesuai ide dan minat kita tanpa kita harus mencobanya satu per satu.

Baca juga: Mau Memulai Usaha? Perhatikan Hal Penting Ini

Carilah Investor yang Berpengalaman

Ceritakan usaha yang sedang Anda bayangkan. Apakah mereka tahu ada perusahaan lain yang meraih sukses di bidang yang sama dengan minat Anda dan bisa Anda temui? Apakah mereka mengenal pengusaha yang usahanya gagal dan bisa Anda wawancarai? Kenapa usaha-usaha tersebut gagal atau berhasil?

Bila perlu, tanyakan kepada investor tersebut maukah mereka menginvestasikan uangnya kepada Anda? Tanyakan berapa banyak yang biasanya mereka investasikan untuk usaha-usaha seperti milik Anda?

Apakah mereka punya salinan business plan usaha lain? Bolehkan Anda melihatnya? Memang, itu adalah sebuah pertanyaan yang lugu dan terus terang, tetapi jika Anda tidak menanyakannya Anda tidak akan tahu.

Kunjungi Perusahaan Sukses di Bidang yang Anda Pilih

Lakukan perjalanan, ke luar kota jika perlu, untuk melihat perusahaan lain di bidang yang Anda ingin masuki menjalankan usahanya. Tanyakan kepada si pemilik apa yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan usaha. Tanyakan apakah Anda boleh melihat perencanaan usaha mereka.

Kunjungi perusahaan-perusahan besar dan perusahaan-perusahaan kecil. Perusahaan kecil memang akan lebih masuk akal bagi Anda, tetapi perusahaan besar akan berperan sebagai impian Anda.

Periksa Catatan Kebangkrutan

Apakah ada banyak jumlah perusahaan di bidang yang Anda inginkan mengalami kebangkrutan? Apa yang bisa digali oleh Anda mengenai masalah ini? Jika banyak perusahaan di bidang yang Anda inginkan mengalami kebangkrutan, carilah bidang yang lain atau cari tahu penyebab kebangkrutannya dan cari solusinya.

Tanyakan Pendapat Orang yang tidak Anda Kenal Tentang Ide Anda

Anda perlu mencari tahu apakah menurut pandangan orang lain ide Anda ini bisa dijalankan. Secara umum, banyak informasi berharga yang bisa didapat dengan cara ini. Tanyakan pendapat teman-teman atau keluarga Anda, jika memang Anda mau, tetapi ingatlah biasanya mereka ini mengatakan hal yang ingin Anda dengar.

Sebenarnya Anda menginginkan pendapat dari orang-orang yang tidak memiliki pandangan subjektif atau bias dan yang akan memberikan kritik-kritik yang membangun.

Hadiri Seminar di Bidang yang Anda Pilih

Hampir setiap profesi memiliki perkumpulan yang biasanya membantu mempromosikan dan mengembangkan industri mereka. Mereka juga biasanya mengadakan pameran perdagangan atau seminar. Kunjungi pameran-pameran perdagangan atau seminar seperti itu dan tanyakan kepada yang berkecimpung dalam industri tersebut, apa sisi baik dan buruk usaha mereka.

Cari di Internet

Jaman sekarang sudah lebih terbuka, semua informasi yang Anda butuhkan sudah tersedia di internet. Anda tinggal mencari atau menanyakan semua informasi yang Anda butuhkan, dan Anda akan tahu semua jawabannya. Tetapi, pastikan informasi yang Anda terima adalah informasi yang benar dan bukan asal-asalan.

Itulah bebarapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mencari peluang usaha sesuai minat Anda. Semoga membantu Anda dalam mendapatkan peluang usaha yang ketika Anda realisasikan akan langsung memberi keberhasilan untuk Anda.

Exit mobile version