Site icon mencobausaha.com

Perawatan Diri itu Hal yang Paling Utama

Perawatan Diri itu Hal yang Paling Utama
Perawatan Diri itu Hal yang Paling Utama

Perawatan Diri itu Hal yang Paling Utama – Kesehatan, baik fisik maupun mental merupakan hal yang paling utama. Percuma kita sukses tetapi tidak bisa kita nikmati karena kita sakit atau mengalami tekanan batin. Untuk menjaga kesehatan tersebut, kita harus melakukan perawatan diri atas fisik dan mental kita.

Hal apa saja yang bisa kita lakukan dalam merawat kesehatan diri, langsung saja kita ulas di bawah ini.

Baca juga: Kenali Kemampuan Pribadi Anda

Mendahulukan Diri Anda, tapi Bukan Egois

Mendahulukan diri Anda dalam daftar “hal yang harus Anda lakukan” adalah sesuatu yang sangat penting. Perawatan diri adalah satu tahap penting dalam membangun pondasi diri, dan ini bukanlah hal yang egois.

Untuk meraih sukses Anda perlu mendahulukan diri Anda dan menjalani hidup sehat, dan ya itu berarti nutrisi, fitnes, istirahat, dan rekreasi, selain itu juga memanjakan dan menghadiahi diri Anda sendiri dengan hal yang mengasyikan. Belajarlah untuk melakukan perawatan diri Anda sendiri sebagai “perangkat dasar” untuk hidup.

Katakan “Tidak”!

Sebagai orang tua, rekan, keluarga dan teman, kita jarang mengutamakan kebutuhan pribadi kita. Kapan terakhir kali Anda menjawab “tidak” pada ajakan teman atau keluarga sehingga Anda bisa menghabiskan waktu sendirian untuk bersantai dan membaca buku?

Bagaimana dengan mengganti jadwal latihan fitnes Anda atau rencana latihan untuk menyesuaikannya dengan jadwal orang lain? Atau memilih makanan siap saji yang tidak menyehatkan ketimbang sehat?

Kecemasan yang Merugikan

Ingatlah, semakin bagus Anda merawat diri Anda dalam seluruh aspek hidup Anda, maka akan semakin banyak waktu yang akan tersedia bagi Anda untuk fokus pada target dan impian Anda.

Sebagai contoh, Anda cemas akan keluhan kesehatan yang telah mengusik Anda selama berbulan-bulan, atau tidak cukup tidur maka Anda akan mencuri jatah energi positif yang mestinya bisa dimanfaatkan lebih baik untuk mewujudkan impian Anda.

Memperoleh Energi dari Makan

“Kesendirian” yang Menguntungkan

Teman dan keluarga mungkin perlu sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan pendekatan hidup Anda yang baru. Jelaskan pada orang-orang di sekitar Anda tentang apa yang sedang Anda lakukan, katakan pada mereka bahwa dengan mengurus diri Anda maka Anda sebenarnya bisa menjadi seorang ibu, ayah, rekan, suami, istri, saudara atau teman yang lebih baik.

Saat teman dan keluarga Anda menyadari bahwa mereka akan diuntungkan dari sikap dan perilaku Anda yang baru, maka mereka akan menjadi lebih pengertian dan siap membantu orang lain.

Berolahraga untuk Kesehatan

Kita semua tahu bahwa berolahraga rutin bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi kenapa bisa sangat sulit untuk berkomitmen pada rencana untuk melakukannya secara rutin? Tanyakan pada diri Anda: Apa yang dulu menghambatku untuk berolahraga? Jenis olahraga apa yang kini kunikmati, jika aku ingin memulainya lagi?

Beristirahatlah!

Apa yang Anda lakukan untuk bisa santai? Ini merupakan kebiasaan rutin yang kerap dikesampingkan setiap orang, sekaligus juga hal pertama yang dicoret dalam daftar mereka saat sedang sibuk-sibuknya.

Apakah Anda punya liburan rutin? Dari minggu ke minggu, bagaimana cara Anda bersantai dan beristirahat, baik secara fisik maupun mental? Pikirkan tentang waktu tenang, meditasi, spa, aromaterapi, yoga, pilates dan membaca.

Membangun Afirmasi

Afirmasi adalah berbicara pada diri sendiri tentang hal yang sangat positif. Anda bisa menggunakan afirmasi untuk terus termotivasi mencapai target dan fokus pada perawatan diri Anda. Afirmasi bersifat pribadi (dimulai dengan kata “Aku”) dan bersifat positif (“Aku memang”).

Afirmasi selalu berada di masa kini. Frasa seperti “Aku memang tidak” atau “Aku akan” tidak punya tempat dalam afirmasi. Bicaralah secara terus-menerus tentang hal yang Anda inginkan dan hal yang tidak Anda inginkan. Kata-kata seperti “tidak bisa”, “tidak seharusnya” dan “tidak” hendaknya dihindari dalam afirmasi.

Perawatan diri itu hal yang paling utama dalam meraih kesuksesan. Semoga kita selalu dapat menjaganya dengan baik.

Exit mobile version