Site icon mencobausaha.com

5 Pertanyaan Membangun Efektivitas Waktu

5 Pertanyaan Membangun Efektivitas Waktu
5 Pertanyaan Membangun Efektivitas Waktu

5 Pertanyaan Membangun Efektivitas Waktu – Berbicara mengenai pengembangan diri, tidak akan lepas dari yang namanya efektivitas waktu. Dapat menggunakan waktu dengan baik dan efektif sepanjang hari, bulan atau tahun akan mempercepat jalan kita menuju tujuan yang kita inginkan.

Misalnya, ketika kita ingin membangun sebuah usaha yang berhasil dan sukses, maka kita harus fokus akan tujuan tersebut dan menggunakan setiap waktu secara efektif dengan melakukan semua kegiatan yang mengarah kepada tujuan tersebut setiap harinya, bulan, bahkan terus konsisten selama bertahun-tahun.

Lalu bagaimana cara yang bisa kita lakukan supaya kita tetap fokus kepada tujuan kita dan menggunakan waktu secara efektif. Seperti yang dijelaskan oleh Brian Tracy dalam bukunya Million Dollar Habits, kita dapat membangun efektivitas waktu dengan menjawab 5 pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang berprofesi sebagai seorang pekerja maupun wirausaha.

Baca juga: 21 Cara Mencapai Hasil Maksimal dengan Kerja Minimal

Mengapa Saya Dibayar?

Pertama, tanyakan: “Mengapa saya dibayar?” Apa yang harus saya capai? Apa hasil spesifik yang dapat diukur yang diharapkan dari saya dalam pekerjaan saya? Jika saya mencoba untuk menjelaskan kepada orang lain mengapa mereka membayar saya untuk pekerjaan saya, alasan apa yang akan saya berikan?

Kebanyakan orang jatuh ke dalam kebiasaan untuk berpikir bahwa karena mereka berada di tempat kerja maka mereka sedang bekerja. Mereka membaurkan aktivitas dengan pencapaian. Sering kali mereka sibuk sepanjang hari melakukan sesuatu yang semakin tidak penting. Di penghujung hari, mereka menyatakan lelah atau tertekan, tetapi pencapaian mereka hanya sedikit. Mereka gagal untuk bertanya kepada diri sendiri: “Mengapa saya dibayar?”

Apakah Aktivitas yang Bernilai Tinggi?

Kedua, kembangkan kebiasaan untuk bertanya: “Apa aktivitas saya yang tertinggi?” Apa hal yang paling penting yang Anda lakukan setiap hari dalam pekerjaan Anda? Jika Anda membawa daftar dari semua aktivitas, tugas dan hasil yang potensial kepada atasan Anda dan memintanya untuk memilih tiga hal terpenting yang Anda lakukan, apa yang akan Anda dengar?

Jika Anda adalah atasan Anda, ingatlah bahwa biasanya ada tiga tugas atau aktivitas yang dihitung sebesar 90 persen atau lebih dari nilai kontribusi Anda kepada pekerjaan atau bisnis Anda. Hampir semua lainnya yang Anda lakukan adalah aktivitas penunjang bagi ketiga tugas tersebut.

Kebanyakan dari aktivitas Anda adalah tugas yang Anda pikir harus Anda lakukan, untuk mengerjakan sesuatu yang karenanya Anda dibayar dan yang memiliki nilai tertinggi. Apakah ketiga hal yang paling bernilai yang Anda lakukan dalam pekerjaan Anda?

Anda dan Hanya Anda?

Ketiga, kembangkan kebiasaan untuk melontarkan pertanyaan: “Apa yang saya dapat, dan hanya saya, lakukan yang jika saya melakukannya dengan baik, akan memberikan suatu perbedaan?” Jawaban dari pertanyaan ini adalah sesuatu yang Anda dan hanya Anda sendiri yang dapat melakukannya.

Jika Anda tidak melakukannya, maka hal itu tidak akan dilakukan oleh orang lain. Tetapi jika Anda melakukannya, dan Anda melakukannya dengan baik, hal itu dapat memberikan kontribusi tunggal yang terbesar kepada pekerjaan dan perusahaan Anda pada saat itu. Apakah itu?

Apakah Satu Hal?

Keempat, kembangkan kebiasaan untuk melontarkan pertanyaan ini: “Jika saya hanya dapat melakukan satu hal sepanjang hari, apakah satu hal itu yang memberikan kontribusi terbesar bagi perusahaan saya?”

Jika Anda menuliskan segala sesuatu yang Anda lakukan di atas selembar kertas, Anda akan mendapatkan satu hal yang jika Anda melakukannya secara konsisten, baik dan berulang-ulang sepanjang hari akan memberikan kontribusi lebih besar dibandingkan tugas Anda yang lain, atau bahkan apabila semua tugas Anda dijadikan satu.

Apakah satu tugas atau aktivitas yang merupakan penggunaan tertinggi dari bakat dan kemampuan Anda. Tugas ini akan memberikan kontribusi sangat besar kepada pekerjaan dan kehidupan Anda, jika Anda dapat melakukannya sepanjang hari? Bagaimana Anda dapat mengorganisasikan waktu Anda dan pekerjaan Anda sehingga Anda lebih fokus kepada tugas yang satu ini?

Salah satu kunci yang paling penting dalam efektivitas pribadi Anda adalah mengembangkan kebiasaan untuk menggunakan lebih banyak waktu, dan menjadi lebih terampil, dalam beberapa aktivitas yang memberikan kontribusi yang besar kepada pekerjaan Anda. Segala sesuatu yang lain yang Anda lakukan biasanya memiliki nilai yang lebih kecil dari tugas penting ini.

Untuk Apakah Penggunaan Waktu Anda yang Terbaik?

Lima, dan barangkali, karakteristik yang paling penting dalam manajemen pribadi. Hal itu adalah kebiasaan untuk bertanya: “Untuk apakah penggunaan waktu saya yang paling berharga, saat ini?” Selalu ada jawaban bagi pertanyaan ini, untuk setiap menit dan setiap jam. Kemampuan Anda untuk bertanya secara akurat dan menjawab pertanyaan ini merupakan kunci dari kinerja yang tinggi. Selain itu produktivitas lebih maksimum, efektivitas pribadi dan keberhasilan besar.

Dalam istilah sederhananya, orang berhasil karena mereka mengembangkan kebiasaan untuk bekerja secara konsisten dalam satu hal. Hal terssbut dapat memberi mereka tingkat pengembalian energi dan kehidupan yang paling tinggi. Bahkan lebih dari segala hal yang mungkin mereka kerjakan saat itu.

Orang gagal karena mereka tidak dapat atau tidak mau menetapkan prioritas mereka yang sebenarnya. Atau karena mereka tidak cukup disiplin untuk mengerjakan pekerjaannya secara eksklusif sampai pekerjaan tersebut selesai.

Itulah 5 pertanyaan yang bisa Anda pertimbangkan dalam membangun efektivitas waktu dan tetap fokus kepada tujuan yang Anda inginkan.

Exit mobile version