Site icon mencobausaha.com

7 Langkah untuk Menyusun Tujuan

7 Langkah untuk Menyusun Tujuan
7 Langkah untuk Menyusun Tujuan

7 Langkah untuk Menyusun Tujuan – Semua orang pasti memiliki tujuan. Terlepas dari tujuan apa yang menjadi prioritas utama mereka, baik dalam hal kesehatan, keuangan, karir, keluarga atau apapun itu dan siapa pun pasti ingin tujuan tersebut bisa tercapai.

Masalahnya, tidak semua orang mampu untuk mencapai tujuan yang ia inginkan. Banyak faktor yang memengaruhi, salah satunya ialah karena bisa jadi orang tersebut tidak mengetahui bagaimana atau tidak memiliki rencana yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut.

Orang bijak mengatakan, “Rencana apa pun lebih baik daripada tanpa rencana sama sekali” dan “Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal”. Itu berarti sebuah rencana sangat lah penting dalam mencapai tujuan yang Anda inginkan. Berikut ini adalah salah satu rencana penyusunan tujuan yang paling efektif yang mungkin bisa Anda pelajari menurut Brian Tracy.

Baca juga: Hal yang Menjadi Penyebab Orang Sulit Mencapai Tujuan (Goal)

Langkah Pertama

Putuskan dengan pasti apa yang Anda inginkan dalam satu bidang spesifik dan tuliskanlah hal itu dengan jelas dan detail. Buatlah hal itu terukur dan spesifik.

Langkah Kedua

Susun batas waktu untuk setiap pencapaian dari tujuan. Jika itu adalah tujuan yang besar, buatlah itu menjadi bagian-bagian yang kecil dan susun batas waktu untuk setiap bagian.

Langkah Ketiga

Buatlah daftar dari segala sesuatu yang seharusnya Anda lakukan untuk mencapai tujuan ini. Ketika Anda berpikir akan item baru, tambahkan item tersebut ke dalam daftar Anda hingga lengkap.

Langkah Keempat

Aturlah langkah-langkah dalam daftar tindakan Anda ke dalam suatu rencana. Rencana diatur berdasarkan dua elemen, prioritas dan urutan.

Dalam mengatur berdasarkan prioritas, Anda tentukan hal yang paling penting dalam daftar Anda yang mungkin dapat dilakukan untuk mencapai tujuan Anda. Aturan 80/20 merupakan: 20 persen dari segala sesuatu yang Anda lakukan akan memengaruhi 80 persen dari hasil Anda. Jika Anda tidak menyusun prioritas yang jelas, Anda akan “menguasai hal-hal kecil” dan menghabiskan banyak waktu Anda untuk melakukan tugas-tugas kecil dan tidak berkaitan, yang tidak membantu Anda dalam mencapai tujuan.

Dalam organisasi atau urutan, Anda menentukan apa yang harus dilakukan sebelum hal lain dilakukan. Selalu ada aktivitas dengan leluasa dapat Anda lakukan. Apapun yang Anda lakukan, lakukanlah mana yang masuk akal.

Langkah Kelima

Identifikasikan rintangan atau keterbatasan yang mungkin menahan Anda dalam mencapai tujuan, baik dari situasi maupun dari dalam diri Anda. Tanyakan pada diri Anda: “Mengapa saya belum juga mencapai tujuan ini?”

Identifikasikan pembatas terpenting yang menahan Anda, dan kemudian fokuskan untuk menghilangkan hambatan tersebut. Hal itu dapat berbentuk sejumlah uang tertentu atau berbentuk sumber daya inti. Atau hal itu juga dapat berbentuk keterampilan tambahan atau kebiasaan yang Anda perlukan. Hal itu juga dapat berbentuk bantuan dari satu atau lebih orang. Apa pun hal itu, identifikasikan dengan jelas dan mulailah bekerja untuk menghilangkannya.

Langkah Keenam

Setelah Anda menentukan tujuan Anda, kembangkan rencana Anda dan identifikasikan hambatan terbesar. Secepatnya ambil tindakan tertentu yang menuju kepada pencapaian tujuan. Melangkahlah dengan keyakinan. Lakukan hal pertama yang muncul dalam pikiran Anda. Tetapi lakukan sesuatu dengan segera untuk memulai proses dari pencapaian tujuan dengan bergerak ke depan.

Langkah Ketujuh

Lakukan sesuatu setiap hari yang membuat Anda maju menuju tujuan Anda yang terpenting. Buatlah kebiasaan untuk bangun setiap pagi, merencanakan kegiatan Anda hari itu dan kemudian lakukan sesuatu, apapun itu, yang menggerakkan Anda setidaknya satu langkah mendekati tujuan Anda yang paling penting.

Kebiasaan untuk melakukan sesuatu setiap hari yang menggerakkan Anda menuju tujuan terpenting akan mengembangkan kekuatan momentum di dalam diri Anda. Tindakan setiap hari memperdalam keyakinan Anda bahwa tujuan dapat dicapai dan akan mengaktifkan hukum daya tarik. Sebagai hasilnya, Anda mulai bergerak semakin cepat menuju tujuan Anda, dan tujuan Anda mulai bergerak semakin cepat mendekati Anda.

Itulah 7 langkah untuk menyusun tujuan menurut Brian Tracy, seorang motivator sekaligus pebisnis terkenal asal Amerika Serikat. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version