Site icon mencobausaha.com

Tips Investasi Reksadana Pasar Uang

Tips Investasi Reksadana Pasar Uang
Tips Investasi Reksadana Pasar Uang

Tips Investasi Reksadana Pasar Uang – Instrumen investasi banyak sekali jenisnya. Ada yang berada di sektor riil seperti emas dan properti, ada juga yang berada di sektor finansial seperti saham dan reksadana. Salah satu investasi yang paling mudah dan sederhana bahkan untuk pemula adalah berinvestasi di dalam reksadana.

Reksadana adalah sebuah instrumen investasi yang mengumpulkan dana dari beberapa investor untuk kemudian diinvestasikan ke instrumen-instrumen investasi yang ada di pasar modal. Reksadana memiliki beberapa jenis. Salah satu jenisnya ialah reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang memiliki tingkat resiko paling rendah.

Kendati reksadana pasar uang merupakan investasi yang sederhana dan mudah. Tetapi untuk menunjang keberhasilan dalam investasi ini kita perlu mengetahui beberapa tips yang bisa diterapkan. Berikut beberapa tips dalam berinvestasi reksadana pasar uang:

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Reksadana

Tentukan Tujuan Investasi

Tetapkan tujuan Anda berinvestasi. Ketika memiliki tujuan yang pasti, Anda menjadi lebih mudah untuk merencanakan investasi, selain itu Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankannya. Anda juga bisa menghitung besaran investasi reksadana pasar uang per bulan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Sisihkan Pendapatan Bulanan

Sebelum membelanjakan pendapatan bulanan Anda, sisihkan sebagian dana untuk investasi. Pada dasarnya, tidak ada rumus pasti berapa besaran dana yang hendaknya disisihkan untuk investasi, meski beberapa pakar keuangan menyarankan dengan besaran tertentu. Sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Anda dapat memulai dengan menyisihkan 5%, 10%, 20% atau 30% dari pendapatan.

Jangan Menunda-nunda untuk Berinvestasi

Tak perlu menunda-nunda untuk memulai, karena investasi reksadana pasar uang dapat dimulai dari nominal kecil. Semakin cepat Anda memulai, maka semakin cepat uang Anda akan tumbuh dan semakin cepat pula tujuan Anda tercapai.

Pilih Manajer Investasi Terpercaya

Ketika Anda melepaskan sejumlah dana ke reksadana pasar uang, dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke beragam portofolio efek sehingga dapat memberikan imbal hasil yang menguntungkan. Karena itu, pilih manajer investasi yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Sebelum memulai investasi, Anda dapat mengecek izin praktek manajer investasi dari OJK. Selanjutnya cek prospektus atau instrumen yang dikelola manajer investasi tersebut.

Untuk Kemudahan, Lakukan secara Online

Agar lebih mudah, Anda dapat membuka rekening ataupun membeli reksadana pasar uang secara online. Semuanya bisa Anda lakukan dari rumah, tanpa perlu repot datang langsung ke lembaganya. Asal memiliki perangkat digital yang mendukung dan koneksi internet yang baik, Anda sudah bisa memulai berinvestasi reksadana secara online.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam berinvestasi reksadana pasar uang. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version