Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit
Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit – Secara pribadi saya tidak suka dengan kartu kredit. Alasannya karena saya lebih suka budgeting pengeluaran saya daripada harus mengandalkan kartu kredit.

Walaupun begitu bukan berarti kartu kredit tidak berguna untuk setiap orang. Berguna atau tidaknya memiliki kartu kredit akan bergantung kepada tujuan dari orang yang memiliki kartu kredit tersebut.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Hindari Utang Ini Jika Penghasilan Masih Pas-Pasan

Kelebihan Kartu Kredit

Kelebihan #1: Kemudahan untuk Berbelanja

Penggunaan kartu kredit dalam berbelanja bisa membuat proses tersebut jauh lebih mudah. Anda menghilangkan risiko dari membawa uang tunai dan laporan penggunaan kartu kredit pada setiap akhir bulan bisa Anda gunakan sebagai dokumen acuan pengeluaran yang mempermudah menghitung cashflow bulanan Anda.

Selain itu, banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan restoran ataupun merchant lainnya. Anda bisa memperoleh diskon khusus apabila melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Tetapi pastikan Anda tidak overspending ketika mengguankan kartu kredit untuk berbelanja.

Kelebihan #2: Menambah Total Benefit Konsumsi dan Mengulur Pembayaran

Kartu kredit bisa digunakan untuk menutupi selisih antara pendapatan dan pengeluaran Anda di bulan tertentu. Menggunakan kartu kredit juga membuat Anda bisa membeli suatu barang di level yang lebih tinggi daripada pendapatan Anda.

Anda juga bisa menunda pembayaran suatu transaksi tunai dengan menggunakan kartu kredit dan melunasinya sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini juga tetap memberikan time value of money dari uang yang harus Anda keluarkan.

Kelebihan #3: Membentuk Credit Score Anda

Kartu kredit adalah salah satu bentuk utang yang bisa Anda peroleh dengan mudah bila dibandingkan dengan KPR (kredit pemilikan rumah) atau KTA (kredit tanpa agunan). Kepemilikan kartu kredit akan menciptakan credit score, yaitu score kelayakan apakah Anda bankable (layak diberi pinjaman) atau tidak.

Kepemilikan kartu kredit dan ketepatan waktu Anda dalam membayar tagihan akan berguna untuk membangun credit score Anda secara perlahan dan meningkatkannya sampai pada titik ketika Anda layak untuk memperoleh pinjaman yang lebih besar seperti KKB (kredit kendaraan bermotor) atau pun KPR.

Kelebihan #4: Sarana Dana Darurat yang Mendesak

Walaupun bukan pilihan yang populer, penggunaan salah satu fitur kartu kredit, yaitu tarik tunai bisa Anda gunakan sebagai sumber dana darurat. Hal ini berlaku apabila dana darurat yang Anda persiapkan tidak mencukupi untuk menalangi suatu kejadian.

Pastikan Anda mampu mengganti dana tunai yang digunakan untuk keperluan tersebut sebelum jatuh tempo untuk menghindari biaya bunga yang ada. Walaupun begitu, Anda masih akan terkena biaya tarik tunai yang berkisar antara 1-2% dari total dana yang Anda pinjam sementara.

Kekurangan Kartu Kredit

Kekurangan #1: Godaan untuk Overspending

Setelah memiliki kartu kredit pertama, Anda mungkin akan terkejut dengan bank-bank lain yang bersedia memberikan kartu kredit tambahan untuk Anda. Dengan penawaran tersebut dan tanpa perencanaan kredit yang matang bisa membuat Anda terancam oleh godaan pengeluaran berlebih (overspending).

Ingatlah bahwa kartu kredit bukanlah “uang tambahan” dan Anda harus mengembalikan uang yang Anda pinjam dari kartu kredit tersebut sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak perlu membayar biaya bunga (interest fee).

Kekurangan #2: Biaya Memiliki Kartu Kredit

Kepemilikan kartu kredit menimbulkan sejumlah biaya tersendiri. Jumlah ini otomatis akan bertambah sesuai dengan jumlah kartu kredit yang Anda miliki. Contohnya iuran annual fee untuk setiap kartu kredit yang Anda miliki, biaya materai untuk setiap laporan (statement) penggunaan per bulan dari setiap kartu kredit, credit shield protection fee untuk tagihan yang ada, dan sebagainya.

Kekurangan #3: Budget Masa Depan Menjadi Tidak Fleksibel

Semakin banyak installment pada kartu kredit yang Anda miliki maka akan kurang fleksibel pula budgeting Anda di masa depan. Cicilan installment yang harus Anda bayar akan membuat Anda harus mengurangi konsumsi di masa depan, apalagi bila installment tersebut memiliki bunga.

Selain itu, kepemilikan dari banyak cicilan installment akan memberikan beban psikologis tersendiri apabila Anda tidak membiasakan diri dengan utang yang ada.

Hal yang sama juga berlaku untuk utang kartu kredit non-installment. Dengan tingkat bunga yang lebih tinggi, dipastikan akan membuat proses budgeting Anda di masa depan jauh lebih tidak fleksibel, terutama apabila Anda berutang dengan jumlah yang cukup besar.

Itulah kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang perlu Anda ketahui, supaya Anda bisa lebih bijak dalam penggunaan kartu kredit yang Anda miliki.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares