Tips Menumbuhkan Minat Membaca Buku

Tips Menumbuhkan Minat Membaca Buku
Tips Menumbuhkan Minat Membaca Buku

Tips Menumbuhkan Minat Membaca Buku – Membaca buku sampai saat ini nampaknya belum menjadi hobi masyarakat Indonesia. Hal ini dipertegas dengan data yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara yang disurvey oleh World’s Most Literate Nations (WMLN) pada tahun 2016.

Masih jauh dari negara yang berada di peringkat teratas seperti Finlandia, Norwegia, Islandia, Denmark dan Swedia (Sumber: Rencanamu.id). Bahkan dengan mudahnya mengakses buku dengan perangkat digital (ebook) sekarang ini sepertinya masih belum cukup menarik minat masyarakat Indonesia untuk mulai membaca.

Menurut Najwa Shihab selaku duta baca Indonesia “kedewasaan bukan hanya didapat dari proses melewati pengalaman atau permasalahan, tapi juga didapat dari proses membaca”. Hal ini menjadi penting untuk kita selalu membaca buku, buku apa saja sesuai minat dan ketertarikan dari masing-masing individu.

Berikut ini ada beberapa tips Menumbuhkan minta membaca buku yang bisa Anda coba terapkan.

Baca juga: Rahasia Hidup Bahagia ala Stoisisme

Tips #1: Bulatkan Niat

Segala sesuatu harus dimulai dengan niat yang baik dan tulus. Jadikan niat sebagai motivasi Anda dalam membaca.

Tentukan niat Anda untuk membaca, kuatkan dengan pengetahuan dan wawasan apa yang ingin Anda ketahui setelah Anda membaca.

Mungkin Anda ingin memiliki wawasan yang tinggi dalam hal usaha, kuliner, kepribadian, tujuan karir dan lain sebagainya yang membuat Anda tertarik untuk membaca buku.

Tips #2: Eksplorasi Minat Anda

Sesuai yang sudah kita ulas sebelumnya, cara mudah agar Anda semangat membaca buku adalah dengan memilih bahan bacaan yang sesuai dengan minat.

Dengan begitu, Anda akan merasakan kesenangan saat membaca. Ada yang bilang, Anda hanya butuh satu buku yang bisa membuat minat baca Anda meningkat.

Tips #3: Mulai Meminta Rekomendasi dan Membuat List

Saat Anda sudah meluruskan niat ada baiknya Anda mulai meminta saran kepada orang-orang yang Anda kenal yang gemar membaca, bisa dosen, saudara ataupun teman, terkait buku apa yang bagus untuk dibaca. Jangan lupa sesuaikan dengan tema yang menjadi minta Anda.

Karena biasanya saat awal-awal, kita tidak mengetahui buku mana yang memiliki isi yang bagus dan mudah dipahami. Dengan meminta saran, Anda bisa membuat list mengenai informasi buku apa saja yang menjadi rekomendasi untuk dibaca.

Tips #4: Membeli Buku

Hal yang tidak kalah penting adalah membeli buku. Anda bisa mencoba untuk mengoleksi buku dengan membeli buku yang Anda minati untuk dibaca. Jangan ragu-ragu untuk menyisihkan uang untuk membeli buku sebagai investasi masa depan.

Tips #5: Menyisihkan Waktu dan Durasi Membaca

Cobalah menyisihkan waktu Anda untuk membaca. Jangan menunggu Anda tidak sibuk, tapi sisihkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk membaca. Jangan memaksakan diri untuk membaca dalam waktu yang lama sehingga membuat Anda lelah dan bosan.

Lakukan membaca dengan durasi waktu secara bertahap dan biarkan diri Anda terbiasa dengan rutinitas ini secara perlahan. Bukan tidak mungkin dengan perlahan Anda bisa bertahan membaca 1 sampai 2 jam.

Tips #6: Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Saat rasa ingin tahu Anda tinggi otomatis minat membaca tanpa disadari akan ikut meningkat. Cobalah menambah referensi bacaan di perpustakaan, internet atau melalui koran.

Saat rasa ingin tahu menjadi tinggi, Anda akan mulai suka membaca dan menghabiskan waktu berlama-lama untuk menuntaskan rasa penasaran dan keingintahuan yang ingin Anda selesaikan.

Tips #7: Membuat Target Membaca

Jangan setengah-setengah dalam melakukan hal baik dan positif. Buatlah target dalam sehari harus berapa lama membaca dan berapa buku yang harus Anda selesaikan.

Cobalah bertanggungjawab dengan target-target yang sudah Anda buat, dengan begitu Anda akan memiliki dorongan untuk menyelesaikan bacaan Anda.

Itulah beberapa tips menumbuhkan minat membaca buku yang bisa Anda coba lakukan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares