Dampak Selalu Fokus pada Hal-hal Negatif

Dampak Selalu Fokus pada Hal-hal Negatif
Dampak Selalu Fokus pada Hal-hal Negatif

Dampak Selalu Fokus pada Hal-hal Negatif – Jika pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai dampak apa yang akan kita terima jika kita berfokus pada hal-hal positif. Kali ini kita akan mengulas kebalikan dari itu, yaitu dampak apa saja yang akan kita terima apabila kita selalu fokus pada hal-hal yang negatif.

Disadari atau tidak, kadang kita melakukan hal-hal atau sekedar berpikiran negatif. Bila itu sering kita lakukan, akan memiliki dampak yang buruk terhadap diri kita sendiri.

Dampak buruk apa saja yang akan kita terima, antara lain sebagai berikut:

Baca juga: Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Dampak #1: Rendah Diri

Fokus pada hal-hal negatif dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Akibat dari rendahnya kepercayaan diri, kita dengan mudah melepas berbagai kesempatan emas untuk meraih kesuksesan.

Dampak #2: Mudah Berputus Asa

Sifat berputus asa pantang terjadi jika kita berkehendak untuk meraih kesuksesan. Sebab dengan berputus asa, semua pintu atau jalan untuk meraih kesuksesan otomatis tertutup.

Dampak #3: Depresi

Akibat yang paling akut dari pola pikir negatif adalah menyebabkan depresi. Tentu kita semua tahu bahwa depresi yang berkepanjangan akan berakhir dengan kepiluan.

Dampak #4: Ketidaktahuan

Fokus pada hal-hal negatif kerap membuat seseorang enggan menerima informasi. Akibatnya, pengetahuan orang itu pun menjadi tidak bertambah atau berkembang. Padahal, pengetahuan adalah modal penting menuju kesuksesan dan kemakmuran.

Dampak #5: Salah Persepsi

Terlalu fokus pada hal-hal negatif dapat menyebabkan kita sering keliru memahami sesuatu atau salah persepsi. Itu karena, pikiran kita selalu menjurus ke hal-hal yang negatif.

Contohnya, ketika kita mendapatkan suatu informasi, pikiran kita akan mengolah informasi tersebut ke arah yang negatif terlebih dahulu daripada ke hal yang positif atau bahkan netral.

Dampak #6: Stagnan

Perkataan negatif yang menghambat diri sendiri, seperti “saya tidak bisa”, “itu sulit”, atau “tidak mungkin”, akan memunculkan berbagai alasan bagi seseorang untuk tidak melakukan suatu perubahan.

Mengacu pada berbagai dampak negatif yang timbul di atas, apakah kita masih berpikiran bahwa fokus pada hal-hal negatif dapat membantu mengontrol hidup kita? Jawabannya tidak.

Kita harus menyadari bahwa membiasakan diri dengan selalu fokus pada hal-hal negatif sama sekali tidak membantu memperbaiki kehidupan kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares