Site icon mencobausaha.com

Langkah Awal Menjadi Seorang Entrepreneur

Langkah Awal Menjadi Seorang Entrepreneur
Langkah Awal Menjadi Seorang Entrepreneur

Langkah Awal Menjadi Seorang Entrepreneur – Menurut Helmy Yahya dalam bukunya yang berjudul Siapa Berani Jadi Entrepreneur, untuk menjadi seorang entrepreneur kita harus pintar mendeteksi lingkungan sekitar kita.

Maksud dari mendeteksi disini ialah dalam hal melihat peluang yang ada dan berlajar dari lingkungan sekitar untuk kita bisa menjadi seorang entrepreneur.

Karena untuk menjadi seorang entrepreneur tidak seperti kita ingin menjadi seorang dokter yaitu harus menjalani sekolah formal kedokteran, untuk menjadi seorang entrepreneur kita harus belajar dari ilmu jalanan yang bisa kita dapatkan dari mana saja.

Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan awal jika Anda berniat menjadi seorang entrepreneur:

Baca juga: Belajar Usaha dari Mereka yang Berpengalaman

Deteksi Keluarga

Garis keturunan adalah salah satu sumber peluang yang bisa Anda manfaatkan. Bukan berarti KKN, tetapi lihat sisi positif dari hubungan kekeluargaan yang Anda miliki.

Mungkin saudara jauh Anda memiliki pengalaman tertentu sesuai dengan yang ingin Anda tekuni. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dua hal, pengalaman bisnis dan jalinan persaudaraan alias silaturahmi.

Deteksi Riwayat Karir Profesional

Bagi Anda yang sudah lama berkarir dalam pekerjaan tertentu hingga menjadi pekerja profesional sangatlah baik untuk memanfaatkan pengalaman Anda tersebut dan mengembangkannya menjadi usaha yang lebih besar dan menguntungkan.

Deteksi Jaringan Bisnis

Selama bekerja, cobalah mengamati jaringan bisnis yang Anda miliki. Jika Anda bekerja di bidang distribusi kebutuhan sehari-hari, amatilah apa yang diperjualbelikan dan apa yang dibutuhkan oleh seluruh jaringan bisnis yang terlibat. Pengamatan Anda akan berguna, misalnya untuk diubah menjadi peluang dalam menjalankan usaha.

Deteksi Hobi

Hobi bisa menjadi peluang bagi usaha Anda. Jika Anda hobi memancing, cobalah membuat usaha pemancingan. Apabila Anda hobi makan, cobalah membuat restoran. Jika Anda hobi menyanyi, cobalah membuat karaoke atau studio rekaman.

Usaha yang sesuai dengan hobi akan memiliki kelebihan tersendiri. Paling tidak, fokus Anda tidak hanya akan tertuju pada jumlah finansial yang dihasilkan, tetapi lebih pada kepuasan dan terbangunnya komunitas yang memiliki hobi dan selera yang sama.

Deteksi Keunikan

Keunikan Anda adalah sumber peluang Anda. Contoh paling mudah mungkin dari dunia entertainment. In entertainment, there’s no room for mediocre. Dalam dunia entertainment, tidak ada ruang bagi orang yang setengah-setengah.

Orang yang bisa eksis adalah orang-orang yang memiliki kelebihan. Kalau cantik, cantik sekali; ganteng, ganteng sekali. Kalau tinggi, tinggi sekali; pendek, pendek sekali. Kalau lucu, lucu sekali. Tidak ada ruang bagi yang memiliki kemampuan dan kondisi setengah-setengah.

Deteksi Kesuksesan Idola

Idola Anda bisa menjadi sumber inspirasi sekaligus peluang. Pelajarilah apa yang telah mereka lakukan. Apakah yang membuat mereka mengambil keputusan yang menguntungkan atau apakah kesalahan mereka dalam mengambil keputusan yang merugikan?

Belajar dari kesuksesan idola paling tidak mengurangi durasi total waktu Anda untuk mengulangi kesalahan. Pilihlah idola Anda berdasarkan jenis usaha yang ingin atau sedang Anda tekuni.

Deteksi Manajemen Waktu Selama Ini

Bagaimana Anda menghabiskan waktu bisa menjadi sumber peluang bagi Anda. Jika Anda masih memiliki kegiatan rutin atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, carilah celah di sela waktu istirahat, saat pulang kerja atau saat hari libur. Banyak perbincangan bisnis yang dimulai dari obrolan ringan di waktu-waktu tersebut.

Ketika Anda sudah benar-benar ingin mengelola usaha, habiskan lebih banyak waktu supaya apa yang dilakukan bisa menjadi lebih fokus dan tumbuh di bawah pengamatan Anda. Anda harus yakin bahwa Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengelola usaha, terutama di awal-awal pertumbuhannya.

Itulah beberapa langkah awal menjadi seorang entrepreneur yang bisa Anda terapkan ketika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur.

Exit mobile version