Site icon mencobausaha.com

Apa itu Growth Mindset dan Bagaimana Menumbuhkannya?

Apa itu Growth Mindset dan Bagaimana Menumbuhkannya?
Apa itu Growth Mindset dan Bagaimana Menumbuhkannya?

Apa itu Growth Mindset dan Bagaimana Menumbuhkannya?Growth mindset adalah pola pikir yang fokus kepada proses self growth atau kecakapan diri yang terus bertumbuh. Saat dihadapkan kepada masalah, ia akan melihat bahwa masalah ini bukan sebagai sebuah sesuatu yang permanen dan sulit untuk diatasi. Sebaliknya, ia akan melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk menemukan solusi kreatif.

Pengertian tersebut diungkapkan oleh Profesor Carol Dweck dalam bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success yang terbit pada tahun 2007. Menurutnya, setiap orang memiliki dua pilihan mindset, yaitu growth mindset yang membuat orang tersebut akan selalu belajar dan selalu berpikiran ingin maju di dalam hidupnya.

Dan yang kedua kebalikan dari growth mindset yaitu fixed mindset ialah pola pikir kaku yang menganggap semua masalah dan tantangan sebagai sesuatu yang permanen dan sulit untuk diatasi. Ia akan menyerah dan tidak melakukan apa-apa ketika sebuah tantangan dan kesempatan datang. Pola pikir seperti ini yang menurut Carol Dweck akan menghambat seseorang bisa berkembang dan memiliki keinginan untuk maju.

Orang dengan growth mindset selalu berupaya mencari celah untuk menemukan solusi. Ia juga memiliki kecenderungan untuk tidak mudah menyerah pada nasib buruk. Alih-alih meratapinya, ia akan melihat kondisi dirinya saat ini sebagai pribadi yang masih akan bisa tumbuh dengan lebih baik di masa depan.

Orang dengan fixed mindset akan melihat kegagalan sebagai sarana untuk membenarkan bahwa dirinya memang orang yang tidak memiliki kapasitas dan tidak akan bisa sukses. Berbeda dengan orang yang memiliki growth mindset jika dihadapkan dengan kegagalan, ia akan melihat kegagalan tersebut sebagai sebuah pembelajaran dan berusaha bangkit sampai ia bisa meraihnya.

Lalu bagaimana caranya menumbuhkan growth mindset secara efektif? Berikut pemaparannya:

Baca juga: Apa Itu Flexing? yang Sedang Ramai di Medsos

Cara #1: Menciptakan Positive Self Talk

Self talk ialah sebuah percakapan dengan diri sendiri. Percakapan ini akan muncul sekelebat dalam pikiran dan bathin seseorang secara disadari maupun tidak disadari. Pada umumanya self talk ini akan muncul spontan dan bernada negatif, seperti “saya kayaknya tidak akan bisa melakukan itu”, atau “hidup saya akan stagnan dan begini-begini saja”, atau “dia memang lebih hebat dari saya dan saya tidak akan bisa melampauianya”.

Negative talk semacam ini pelan-pelan malah akan menumbuhkan fixed mindset, dan bukan growth mindset. Karena itu, setiap muncul pikiran-pikiran tersebut berusahalah untuk mengarahkannya menjadi sebuah self talk yang positif. Misal, “saya harus bisa melakukannya”, atau “hidup saya akan lebih baik di masa depan” atau “dia memang hebat, tapi saya akan bisa lebih hebat darinya”.

Lakukan positive talk dengan rutin. Setiap kali kita merenung dan berdoa, lakukan self talk dengan cenderung bernada positif. Hadirkan keyakinan bahwa masa depan akan menjadi lebih cerah, sepanjang kita tekun dan berusaha meraihnya.

Repetisi positive self talk akan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam bathin kita. Positive self talk ini pelan-pelan akan bisa menumbuhkan growth mindset dalam diri kita.

Cara #2: Fokus pada Solusi

Setiap kali kita ingin menyelesaikan sesuatu, di tengah jalan pasti akan muncul hambatan dan tantangan yang menghadang. Di saat hal tersebut datang kita pasti ingin menemukan solusinya agar bisa melewatinya.

Namun, ketika sebuah tantangan tersebut begitu sukar untuk dilewati, muncul rasa frustasi dan malah menyalahkan orang lain menjadi penyebab dan ia harus bertanggung jawab akan kesulitan tersebut. Pola pikir seperti ini pelan-pelan akan menumbuhkan fixed mindset dan sebaliknya mematikan growth mindset.

Saat dihadapkan pada posisi seperti itu diharapkan kita lebih bersabar dan mencari solusi yang terbaik. Jangan terburu-buru, pikirkan secara runtut akar masalahnya seperti apa, dan apa yang seharusnya bisa menjadi solusinya. Bersikaplah selalu optimis, jika solusinya kita dapatkan dan pekerjaan ini kita lakukan secara tuntas maka apapun tantangan lain yang menghadang di depan akan bisa kita lewati.

Cara #3: Menerima Tantangan sebagai Kesempatan Menumbuhkan Diri

Jika kita ingian growth mindset kita terus tumbuh, ambilah setiap tantangan yang ada sebagai kesempatan untuk menumbuhkan diri. Setiap kali kita dihadapkan dengan tantangan baru, itulah kesempatan kita agar bisa lebih bertumbuh, dibandingan dengan tidak ada tantangan sama sekali, hidup ini pasti akan begini-begini saja.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu growth mindset dan bagaimana cara menumbuhkannya. Semoga kita memiliki growth mindset, karena itu merupakan salah satu jalan untuk bisa meraih cita-cita yang kita inginkan.

Exit mobile version