Site icon mencobausaha.com

Cara Berinvestasi Menurut Rule #1

Cara Berinvestasi Menurut Rule #1
Cara Berinvestasi Menurut Rule #1

Cara Berinvestasi Menurut Rule #1 – Di luar sana banyak mentor ataupun praktisi yang menjelaskan mengenai bagaimana cara berinvestasi di dunia saham. Masing-masing cara tersebut menurut mereka berhasil mereka lakukan. Tapi, apakah cara tersebut akan sama berhasilnya apabila kita yang melakukannya?

Jawabannya tergantung dari situasi yang kita hadapi, apakah sama dengan mereka atau tidak. Itu karena banyak dari para mentor ataupun praktisi yang menggunakan analisis teknikal (menganalisa kondisi pasar) dalam berinvestasi saham. Sedangkan, cara yang paling baik dalam berinvestasi saham ialah dengan mengandalkan analisis fundamental (menganalisa kondisi perusahaan). Sesuai dengan yang dilakukan oleh Phil Town yang juga sudah membagikan beberapa caranya dalam buku Rule #1.

Phil Town belajar cara ini dari sang maestro investasi saham yaitu Warren Buffett. Rule #1 menurut Warren Buffett ialah aturan utama dalam berinvestasi saham, yaitu jangan pernah kehilangan uang. Caranya ialah dengan berinvestasi jangka panjang pada perusahaan yang memiliki fundamental bagus dan berpotensi untuk terus berkembang.

Phil Town juga sudah menjabarkan dalam bukunya Rule #1 bagaimana menentukan perusahaan yang akan kita beli (sahamnya) dan bisa memberikan keuntungan kepada kita. Caranya ialah dengan empat Ms. Jurus untuk memahami dasar dari empat Ms adalah dengan mengembalikan pertimbangan tersebut kepada pertanyaan yang harus kita jawab dalam mengevaluasi sebuah bisnis dan memutuskan apakah itu merupakan suatu investasi yang baik atau tidak.

  1. Apakah perusahaan tersebut mempunyai Makna bagi Anda?
  2. Apakah perusahaan tersebut tergolong Mapan?
  3. Apakah perusahaan tersebut mempunyai Manajemen yang hebat?
  4. Apakah perusahaan tersebut mempunyai Margin Sempurna yang besar?

Bila Anda menjawab YA benar-benar dengan tanpa syarat untuk keempat pertanyaan tersebut, pasti ini merupakan perusahaan yang Anda butuhkan.

Baca juga: Investasi Fokus ala Warren Buffett

Apakah Perusahaan Tersebut Mempunyai Makna bagi Anda?

Meminta Anda untuk membelinya jika hanya Anda ingin menjadikan perusahaan ini sebagai dukungan finansial yang utama bagi keluarga Anda selama 100 tahun ke depan. Dengan kata lain, Anda juga sebaiknya tahu apa yang sedang Anda beli, karena jika turun, keluarga Anda akan kelaparan.

Langkah itu juga meminta Anda untuk bertindak seolah-olah merupakan pemilik utamanya. Dengan kata lain, Anda lebih baik jika mengetahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa dan yakin bahwa itu akan bekerja dari seperangkat nilai yang dengannya Anda merasa nyaman.

Apakah Perusahaan Tersebut Sangat Mapan?

Meminta perusahaan tersebut mampu mempertahankan dirinya sendiri melawan serangan para pesaingnya, ibaratnya tentara yang mencoba membentengi istana saat akan diserang. Dengan kata lain, lebih baik Anda mampu untuk mempredisikan dengan akurat masa depan perusahaan ini untuk jangka waktu yang lama.

Apakah Perusahaan Ini Mempunyai Manajemen yang Hebat?

Meminta Anda untuk yakin bahwa orang-orang yang menjalankan perusahaan tersebut juga akan melakukan hal yang sama jika hanya itulah topangan yang berarti bagi keluarganya untuk 100 tahun mendatang. Dengan kata lain, lebih baik Anda yakin bahwa mereka tidak akan mengecewakan Anda dengan keuntungan jangka pendeknya.

Apakah Perusahaan Tersebut Mempunyai Margin Sempurna yang besar?

Meminta Anda mengetahui nilai dari perusahaan tersebut dan dapat memperolehnya ketika sedang diobral. Dengan kata lain, lebih baik Anda membeli perusahaan ini dengan cukup murah, sehingga Anda bisa menjualnya kemudian tanpa kehilangan uang, bahkan jika Anda salah membeli pada waktu pertama kali.

Itulah salah satu cara berinvestasi menurut Rule #1, yaitu buku yang ditulis oleh Phil Town. Penjelasan dari empat Ms ini ditulis oleh Phil Town dengan sangat praktikal. Apabila ada kesempatan nanti kita akan ulas semua itu satu per satu.

Exit mobile version