Site icon mencobausaha.com

Tips Digital Marketing untuk UMKM

Tips Digital Marketing untuk UMKM
Tips Digital Marketing untuk UMKM

Tips Digital Marketing untuk UMKM – Di jaman internet yang terus berkembang saat ini, membuat semuanya serba digital. Termasuk untuk usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM pun dituntut harus bisa mengikuti perkembangan jaman ini. Kita sebagai UMKM harus bisa ikut terlibat dalam era digital ini. Misalnya selain usaha dalam bentuk offline yang selama ini kita garap, di area online atau digital pun tentu kita perlu ikut dan terlibat dalam mengembangkannya.

Berikut ini beberapa tips digital marketing untuk UMKM menurut founder dari Rumah Wirausaha Valentino Dinsi dalam bukunya Satu Kelaurga Satu Pengusaha.

Baca juga: Sistem Kerja Dropship yang Perlu Anda Tahu

Aktif di Sosial Media

Siapa yang tidak mengenal Facebook, Twitter, YouTube? Hampir semua orang saat ini mengenal jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube. Beraktivitas di Facebook serta Twitter akan membuat produk atau jasa yang ditawarkan memiliki jangkauan yang luas. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari kegiatan digital marketing atau kegiatan pemasaran secara digital.

Dengan berinteraksi di sosial media atau jejaring sosial, peluang akan semakin besar memperoleh pelanggan atau terjadinya transaksi. Perhatikan batasan yang telah ditentukan oleh setiap situs tersebut, agar kegiatan Anda semakin efektif dan efisien.

Memanfaatkan Mesin Pencari

Setiap manusia membutuhkan informasi yang tepat. Saat ini mesin pencari Google telah menjadi tempat bagi para pencari informasi untuk melakukan pencarian demi memenuhi kebutuhannya. Dengan optimasi website bisnis Anda dengan menggunakan teknik-teknik SEO maka peluang Anda untuk meningkatkan kunjungan dan peluang terjadi transaksi akan semakin besar.

Gunakan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalani, atau produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Membangun Brand

Membangun brand memang tidak dapat dilakukan dalam sekejap. Brand atau merk harus dibangun dengan tetap melakukan berbagai kegiatan promosi melalui berbagai media dan harus dilakukan dengan konsisten serta persiapan dana atau anggaran untuk membangun brand secara bijaksana.

Membangun brand bisa dilakukan dengan optimasi website bisnis. Yaitu dengan memaksimalkan penggunaan sosial media dan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Pinterest dan lain-lain.

Dengan sering muncul website bisnis Anda beserta brand yang dibawa di Search Engine dan sosial media maka akan dapat membangun dan meningkatkan brand awareness.

Membangun Komunitas

Facebook dan Twitter merupakan contoh jejaring sosial yang sangat efektif untuk membangun komunitas demi brand atau bisnis Anda. Dengan menggunakan fanpage di Facebook contohnya atau dengan menjaring ribuan follower di Twitter. Kegiatan komunikasi melalui komunitas ini akan semakin mudah dalam berinteraksi dengan komunitas pengguna produk atau jasa yang Anda miliki. Hal ini juga akan mepermudah Anda dalam meningkatkan efektifitas kegiatan digital marketing.

Itulah beberapa tips digital marketing untuk UMKM yang bisa Anda terapkan. Dalam tips di atas ada yang sifatnya gratis dan ada juga beberapa yang Anda harus mengeluarkan biaya atau dana dalam melakukannya, itu bisa Anda persiapkan sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version