Site icon mencobausaha.com

8 Kunci Sukses MLM

8 Kunci Sukses MLM
8 Kunci Sukses MLM

8 Kunci Sukses MLM – Ketika mendengar kata multi level marketing yang terlintas dalam pikiran sebagian dari kita mungkin langsung kepada money game atau skema Ponzi. Padahal apabila kita menilik dengan seksama, bisnis multi lever marketing yang sebenarnya jauh dari kegiatan money game.

Money game adalah kegiatan terselubung dibalik multi level marketing. Biasanya money game tidak menitikberatkan kepada penjualan produk dan lebih ke bagaimana mencari member (downline) sebanyak-banyaknya. Sedangkan multi lever marketing kebalikannya dan lebih mengutamakan penjualan produk.

Demi menghindari kita dari jebakan money game atau skema Ponzi yang mengatasnamakan multi level marketing (MLM). Berikut ini 8 kunci yang harus dipertimbangkan ketika mencari multi level marketing.

Baca juga: Menjadi Unggul dalam Persaingan Bisnis

Kunci #1: Produk Berkualitas

Pertama, carilah MLM yang mempunyai produk berkualitas nomor satu dan bereputasi baik. Produk berkualitas merupakan langkah awal meraih sukses. Tidak ada pengusaha sukses yang diraih dengan produk murahan.

Kunci #2: Harga Kompetitif

Cari perusahaan yang menetapkan harga produk murah dan kompetitif. Ingat, tak seorang pun mau membeli produk atau jasa yang lebih mahal dari produk sejenis. Oleh karena itu, produk pesaing sebagai pembanding harga.

Kunci #3: Jaminan Uang Kembali

Carilah MLM yang memberikan jaminan uang kembali 100%. Dengan kata lain, produk harus bagus. Perusahaan harus menjamin kualitas bagus dengan jaminan uang kembali. Jaminan ini bagus untuk memulai dan merintis bisnis.

Kunci #4: Modal Kecil

Kunci keempat mencari multi level marketing (MLM) yang baik adalah modal kecil. KIta dapat merintis usaha MLM cukup dengan modal kecil, bahkan ada yang tidak lebih dari Rp1000.000,-.

Kunci #5: Reputasi Bagus

Perusahaan harus memberikan layanan pengiriman yang cepat dan memiliki sistem administrasi yang efisien. Bisnis MLM yang terorganisir dengan baik dapat mengirim produk dalam 1 sampai 2 hari ke pelanggan. Mereka memiliki sistem administrasi yang bagus sehingga mampu memberikan laporan bonus yang akurat setiap bulan.

Kunci #6: Cari Organisasi Pendukung yang Kuat

Organisasi pendukung sangat penting. Khususnya organisasi pendukung yang memberikan pelatihan, seminar pengetahuan produk, pelatihan motivasi, dan pelatihan peluang pengembangan bisnis dan pribadi. Banyak orang sukses merintis bisnis MLM berkat pelatihan dari perusahaan MLM. Jika perusahaan tidak memiliki pelatihan, carilah yang memilikinya.

Kunci #7: Menjunjung Tinggi Kejujuran

Faktor ketujuh yang kita perlukan adalah faktor kejujuran dan integritas. Pastikan perusahaan memiliki reputasi bagus. Perusahaan harus bisa dibanggakan. Jangan sekali-kali mentolerir kekurangan perusahaan MLM.

Kunci #8: Produk Habis Pakai

Produk harus habis pakai dan selalu dipesan ulang. Juallah produk yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Jika pelanggan senang, mereka akan terus pesan kepada kita. Sekali mendapat pelanggan, terakadang kita sampai memiliki pelanggan seumur hidup.

Exit mobile version