Site icon mencobausaha.com

Menjadi Unggul dalam Persaingan Bisnis

Menjadi Unggul dalam Persaingan Bisnis
Menjadi Unggul dalam Persaingan Bisnis

Menjadi Unggul dalam Persaingan Bisnis – Di jaman yang semuanya serba bersaing, kita dituntut untuk bisa lebih unggul dari pada pesaing kita. Jika kita tidak bisa melakukannya, pesaing kita lah yang akan mendapatkan porsi pasar lebih besar dibandingkan kita.

Sekarang, dan hingga abad berikutnya, kita harus menyadari bahwa untuk bersaing secara efektif kita punya empat, dan hanya empat, keunggulan kompetitif berkelanjutan yang tersisa. Itulah yang tak pernah bisa disaingi oleh pesaing kita dengan lebih baik, bila kita melindungi serta memeliharanya. Keunggulan kompetitif tersebut adalah:

Baca juga: Ikhtisar Buku Blue Ocean Shift

Pengetahuan Kita

Pengetahuan pribadi kita merupakan landasan dari segala hal yang ingin kita capai. Pengetahuan yang kita miliki dan kita dapat adalah yang membedakan kita dari orang lain. Kita harus menyadari bahwa orang sukses, yang mungkin memperoleh uang seratus kali lebih besar dari kita, tidak seratus kali lebih cerdas dari kita, dan tidak bekerja seratus kali lebih keras.

Mereka hanya tahu lebih. Mereka tahu aturan bisnis dan cara mendapat uang. Dan mereka selalu bersedia untuk belajar lebih banyak.

Seberapa Kuatkah Pengetahuan?

Mari gunakan satu contoh. Katakanlah kita berkendara dengan kecepatan seratus kilometer per jam dan kita tahu suatu hal yang tidak diketahui oleh orang lain di jalanan itu. Bahwa ada detektor kecepatan menanti di sekitar belokan berikutnya. Bukankan informasi itu berguna bagi kita?

Bagaimana bila kita tahu ada truk rusak yang menghalangi jalan, yang bisa menyebabkan kecelakaan fatal dalam kecepatan sedemikian? Bukankan pengetahuan tersebut akan jadi kritis bagi Anda?

Seberapa Besar Pengetahuan Ini akan Bernilai bagi Kita?

Pengetahuan merupakan hal yang sangat kuat bagi mereka yang melilikinya. Orang-orang sukses tahu akan hal itu, dan sadar akan kebutuhan berkelanjutan untuk berlajar sebanyak yang mereka mampu agar dapat memaksimalkan kesempatan dan meminimalkan kesalahan.

Pengetahuan ini yang secara konstan dibangun oleh orang sukses, meluas ke area lain, seperti mengetahui dan bertindak dengan nilai yang tepat. Orang sukses bukan hanya mengumpulkan fakta-fakta, mereka sudah melakukannya, dan mengikuti nilai-nilai kepribadian yang kuat yang bisa mengantar menuju kesuksesan. Nilai-nilai itu berupa semangat, komitmen, fokus, kegigihan, dan ketulusan.

Pemasaran Kita

Pemasaran merupakan keunggulan kritis kedua kita. Pemasaran merupakan mesin yang menjalankan bisnis kita. Produk yang bagus bisa gagal, namun produk kelas dua bisa memonopoli pasar. Mengapa? Karena kekuatan pemasaran.

Pemasaran yang bagus dapat membawa orang ke depan pintu kita. Orang-orang yang dengan senang hati berpisah dengan uang mereka sebagai ganti produk atau jasa kita. Pemasaran merupakan fungsi kunci yang dengan cepat bisa membuat atau menggebrak bisnis apa pun. Dengan kekuatan yang begitu hebat, pemasaran memang begitu penting untuk diabaikan ataupun didelegasikan. Ini adalah hal yang harus kita pahami sendiri.

Alasan pemasaran yang hebat akan memberi kita keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah karena hal itu merupakan sebuah aspek dari bisnis kita yang tidak bisa ditiru oleh pesaing kita. Tidak banyak orang yang menyadari hal ini.

Orang-orang Kita

Orang-orang kita merupakan aset terbesar kita, bukan merek, peralatan atau produk kita. Merekalah yang membuat produk atau jasa kita, menemukan pelanggan, menjual kepada mereka, dan melakukan segala hal lainnya yang menjadikan bisnis kita sebuah pekerjaan.

Saat kita menyadari ini, kita sadar bahwa bisnis adalah sepenuhnya tentang manusia, bukan yang lain. Uruslah orang-orang kita maka bisnis akan mengurus dirinya sendiri. Ini terdengar cukup jalas, namun tidak satu pun dari ribuan perusahaan yang bisa melakukannya dengan baik.

Tidak peduli seberapa baik produk atau jasa kita, seluruh bisnis adalah tergantung kepada orang-orang yang menciptakan, memproduksi, dan mengirimkannya ke pelanggan. Dalam proses ini, banyak hal yang bisa, dan akan berjalan salah.

Sistem Kita

Banyak orang masih bingung tentang sistem. Apa tepatnya itu, dan mengapa begitu penting? Sistem adalah satu-satunya cara untuk melindungi waktu kita yang berharga, dan menggunakannya untuk membangun bisnis alih-alih mempergunakannya hanya agar terus berjalan.

Ketika kita menjalankan bisnis, kita membutuhkan satu set besar keahlian. Waktu kita berharga. Apa yang dilakukan sistem adalah membebaskan kita untuk meneruskan keahlian-keahlian itu ke orang lain, melalui prosedur dan proses, jadi mereka bisa mengerjakan pekerjaan yang memiliki nilai dan hasil tinggi dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Hal ini pada akhirnya membebaskan kita untuk mengembangkan sistem kita lebih lanjut, untuk menjadikannya lebih menguntungkan dan mendatangkan bisnis baru serta pendapatan yang lebih banyak.

Exit mobile version