21 Cara Mencapai Hasil Maksimal dengan Kerja Minimal

21 Cara Mencapai Hasil Maksimal dengan Kerja Minimal
21 Cara Mencapai Hasil Maksimal dengan Kerja Minimal

21 Cara Mencapai Hasil Maksimal dengan Kerja Minimal – Tulisan ini saya kutip dari buku Eat That Frog! karya dari Brian Tracy. Menurut buku tersebut, kunci untuk mendapat kebahagiaan, kepuasan, kesuksesan, serta rasa kekuatan dan efektivitas pribadi yang luar biasa adalah membangun kebiasaan “memakan katak” Anda terlebih dahulu setiap hari ketika Anda mulai bekerja.

Beruntungnya, keahlian ini bisa dipelajari dengan melakukannya berulang kali. Dan ketika Anda membangun kebiasaan untuk mulai mengerjakan tugas Anda yang terpenting sebelum tugas-tugas lain, Anda pasti akan sukses.

Berikut ini adalah 21 cara mencapai hasil maksimal dengan kerja minimal, yaitu dengan menghentikan penundaan dan menyelesaikan lebih banyak tugas dengan lebih cepat. Evaluasi kembali peraturan dan prinsip ini secara teratur sampai semuanya tertanam kuat dalam pemikiran dan tindakan Anda, sehingga masa depan Anda pun terjamin.

Baca juga: Cara Mengatur Skala Prioritas Pekerjaan

Cara #1: Persiapan

Tentukan dengan tepat apa yang Anda inginkan. Kejelasan adalah penting. Tulis tujuan Anda sebelum Anda mulai.

Cara #2: Siapkan Rencana Harian

Berpikirlah di atas kertas. Setiap menit yang Anda gunakan untuk menyusun rencana akan menghemat lima sampai sepuluh menit dalam pelaksanaannya.

Cara #3: Terapkan Prinsip 80/20 terhadap Segala Sesuatu

Dua puluh persen dari kegiatan Anda melambangkan delapan puluh persen dari hasil yang Anda peroleh. Selalu pusatkan usaha Anda pada dua puluh persen pekerjaan yang teratas.

Cara #4: Pertimbangkan Setiap Konsekuensi

Tugas dan prioritas Anda yang utama adalah dapat mendatangkan konsekuensi paling serius, baik positif maupun negatif, terhadap hidup dan pekerjaan Anda. Fokuskan perhatian Anda pada semua konsekuensi itu di atas segalanya.

Cara #5: Lakukan Penundaan Kreatif

Karena Anda tidak bisa mengerjakan semuanya, Anda harus belajar untuk menyingkirkan pekerjaan yang bernilai rendah agar Anda memiliki cukup waktu menangani beberapa tugas yang benar-benar penting.

Cara #6: Selalu Gunakan Metode ABCDE

Sebelum mulai mengerjakan tugas-tugas yang tercantum dalam daftar, luangkan waktu untuk mengatur tugas-tugas itu berdasarkan nilai dan prioritas guna memastikan bahwa yang Anda kerjakan adalah tugas yang paling penting.

Cara #7: Fokuslah pada Bidang Hasil Utama

Kenali dan tentukan hasil-hasil yang sudah pasti harus Anda dapatkan untuk dapat mengerjakan tugas Anda dengan baik, dan kerjakanlah sepanjang hari.

Cara #8: Terapkan Hukum Tiga

Ketahuilah ketiga hal yang Anda lakukan dalam pekerjaan yang melambangkan 90 persen dari kontribusi Anda, dan fokuslah untuk mengerjakan ketiganya sebelum mengerjakan yang lain. Dengan demikian, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga dan kehidupan pribadi.

Cara #9: Persiapkan dengan Matang Sebelum Mulai

Persiapkan semua kebutuhan Anda sebelum mulai bekerja. Kumpulkan semua dokumen, informasi, paralatan, materi kerja, dan angka-angka yang mungkin Anda perlukan agar Anda dapat mulai mengerjakan pekerjaan Anda.

Cara #10: Kerjakan Satu Demi Satu

Anda mampu menyelesaikan tugas paling besar dan paling sulit jika Anda mengerjakannya satu demi satu.

Cara #11: Tingkatkan Keahlian Utama Anda

Semakin paham dan mahir Anda dalam tugas-tugas utama Anda, semakin cepat Anda memulai pekerjaan Anda dan semakin cepat pula Anda menyelesaikannya.

Cara #12: Kembangkan Bakat Istimewa Anda

Tentukan dengan tepat apa yang sangat Anda kuasai, atau mungkin Anda kuasai, kemudian curahkan segenap hati Anda untuk mengerjakan tugas itu dengan sebaik-baiknya.

Cara #13: Kenali Hambatan Utama Anda

Tentukan penghambat atau penghalang Anda, baik internal maupun eksternal, yang menentukan cepat-lambatnya Anda mencapai tujuan Anda, lalu pusatkan perhatian Anda untuk mengurangi hambatan tersebut.

Cara #14: Tekan Diri Anda

Bayangkan Anda terpaksa keluar kota selama satu bulan, dan bekerjalah seakan-akan Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan penting sebelum berangkat.

Cara #15: Maksimalkan Kekuatan Pribadi Anda

Kenali saat-saat ketika tenaga fisik dan mental Anda berada dalam keadaan puncak setiap hari, kemudian aturlah tugas-tugas Anda yang paling penting dan mendesak untuk dikerjakan pada waktu tersebut. Banyaklah istirahat agar Anda dapat bekerja dalam kondisi terbaik.

Cara #16: Motivasi Diri Anda untuk Bertindak

Jadilah penyemangat Anda sendiri. Temukan hal-hal baik di dalam setiap keadaan. Fokuslah pada penyelesaian masalah, bukan pada masalahnya. Selalu bersikap optimis dan produktif.

Cara #17: Keluarlah dari Jerat Teknologi

Manfaatkan teknologi guna meningkatkan kualitas komunikasi Anda, tetapi jangan biarkan diri Anda menjadi budak teknologi. Berusahalah sesekali mematikan dan tidak menyalakan peralatan komunikasi Anda.

Cara #18: Lakukan Pemilahan Tugas

Bagi tugas-tugas besar dan rumit menjadi beberapa bagian kecil, setelah itu kerjakan satu bagian kecil saja dari tugas tersebut untuk memulai pekerjaan Anda.

Cara #19: Ciptakan Waktu Lebih Banyak

Atur kegiatan Anda di seputar potongan-potongan waktu yang besar yang Anda dapat menggunakan banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang sangat penting.

Cara #20: Bangun Perasaan Mendesak

Buatlah kebiasaan mengerjakan tugas-tugas Anda yang penting dengan cepat. Jadilah orang yang dikenal karena bekerja dengan cepat dan baik.

Cara #21: Tangani Sendiri Setiap Tugas

Tentukan prioritas dengan jelas, mulailah segera dengan tugas penting Anda, setelah itu bekerjalah tanpa henti sampai pekerjaan selesai 100 persen. Ini adalah kunci utama untuk meraih prestasi tinggi dan produktivitas pribadi yang maksimal.

Buatlah keputusan untuk menjalankan prinsip-prinsip ini setiap hari sampai semuanya menyatu dengan Anda. Hingga akhirnya menjadi kebiasaan Anda, dan Anda bisa meraih keberhasilan yang Anda inginkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares