Keuntungan Take Over Usaha

Keuntungan Take Over Usaha
Keuntungan Take Over Usaha

Keuntungan Take Over Usaha – Untuk memulai sebuah usaha memang ngeri-ngeri sedap. Apalagi apabila modal yang kita miliki terbatas. Karena semua tahu untuk membangun sebuah usaha yang berhasil, kecil kemungkinannya terjadi pada usaha yang pertama.

Jika Anda pernah mendengar bahwa untuk membangun sebuah usaha yang sukses, minimal kita harus memiliki 7 kali kegagalan. Sepertinya kata-kata itu memang benar, mereka yang sukses dalam menjalankan usahanya pasti pernah beberapa kali mengalami kegagalan.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa kita pilih untuk meminimalisir resiko kegagalan, salah satu caranya ialah dengan melakukan take over atau membeli usaha orang lain, tentunya yang sudah berjalan.

Memang, ada beberapa kerugian apabila kita melakukan take over usaha, salah satunya ialah kita tidak atau kurang memiliki pengalaman dalam usaha itu dari awal, perlu pengenalan terlebih dahulu. Mungkin nanti akan saya share uraiannya pada blog ini.

Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan apabila kita membeli atau take over usaha yang sudah berjalan, diantaranya:

Baca juga: Hal yang Perlu Kita Pertimbangkan Sebelum Memulai Usaha

Keuntungan #1: Business Model yang Tinggal Dijalankan

Model bisnis adalah sesuatu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap usaha. Jika membeli usaha yang sudah ada, Anda tidak perlu bingung memikirkan hal ini. Apalagi jika bisnis tersebut telah berjalan setidaknya selama 5 tahun.

Tidak hanya itu, usaha tersebut biasanya juga memiliki business plan yang sudah matang. Semua keuntungan ini akan memudahkan Anda untuk sesegera mungkin mengembangkan bisnis tersebut.

Keuntungan #2: Basis Pelanggan yang Kuat

Pelanggan merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan sebuah bisnis. Inilah yang menyebabkan sering gagalnya bisnis pemula atau startup, ketika mereka tidak mampu mengambil hati para pelanggan untuk terus menggunakan jasa atau produk mereka.

Namun, ini tidak terjadi pada bisnis yang sudah berjalan. Dengan adanya basis pelanggan yang dimiliki, Anda bisa melakukan penjualan dalam waktu singkat serta membuat inovasi produk baru yang akan diperkenalkan kepada mereka.

Keuntungan #3: Tidak Perlu Membangun Reputasi

Merupakan rahasia umum bahwa reputasi merupakan segalanya bagi pelaku usaha atau bisnis. Agar brand mereka dipercaya oleh masyarakat, mereka harus memiliki reputasi yang baik. Reputasi tidak bisa dibanguan hanya dalam waktu semalam.

Ketika Anda membeli usaha dengan reputasi yang baik, ini merupakan sebuah keuntungan besar. Reputasi positif artinya Anda telah dipercaya oleh masyarakat, memiliki basis pelanggan setia dan jaminan kesuksesan.

Keuntungan #4: Menghemat Waktu

Berbeda dengan pelaku bisnis startup yang harus benar-benar membangun bisisnya dari nol, Anda berada di garis start yang sudah jauh di depan mereka.

Di saat pelaku startup menghabiskan waktu mereka untuk membangun reputasi, kepercayaan dan mencari pelanggan, Anda sudah ada pada tahap mengembangkan bisnis. Semua bagian-bagian yang sulit sudah terlewati, dan Anda memiliki tantangan yang berbeda dari mereka. Idealnya, Anda bisa meraih kesuksesan lebih cepat dari para pelaku startup.

Keuntungan #5: Infrastruktur Sudah Tersedia

Apabila kita membeli bisnis yang sudah berjalan, semua infrastruktur dan aset pendukung bisnis tersebut sudah tersedia. Anda hanya tinggal melanjutkannya saja. Jadi, Anda tidak perlu memikirkan lagi aset apa yang perlu dibeli untuk menunjang usaha tersebut.

Anda sudah memiliki tempat sendiri, inventaris lengkap, pekerja yang kredibel, serta berbagai macam aset untuk mendukung operasional perusahaan.

Keuntungan #6: Tenaga Kerja Berpengalaman

Apabila kita membeli atau take over usaha yang sudah berjalan, pekerja pastinya sudah ada. Kita tidak perlu repot-repot untuk mencari pekerja baru dan melakukan pelatihan kerja dari awal.

Pekerja yang ada sudah memiliki pengalaman dalam usaha tersebut. Kita juga sedikit banyak bisa belajar dari mereka mengenai detail pengelolaan usaha tersebut.

Keuntungan #7: Transfer Pengetahuan dari Pemilik Sebelumnya

Trial dan error dari dunia bisnis adalah hal yang wajar. Namun pebisnis sejati tahu bahwa sebisa mungkin mereka harus meminimalisir resiko yang mungkin dihadapi. Inilah keuntungan yang bisa diperoleh oleh mereka yang membeli bisnis yang sudah berjalan.

Akan terjadi transfer pengetahuan dari pemilik bisnis sebelumnya berdasarkan pengalaman mereka dalam mengelola usaha. Anda akan belajar mengenai bagaimana menghadapi hambatan-hambatan yang mungkin akan muncul, dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Itulah beberapa keuntungan take over usaha yang sudah berjalan. Semoga dapat menginspirasi kita semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares