Keahlian Penting bagi Pengusaha

Keahlian Penting bagi Pengusaha
Keahlian Penting bagi Pengusaha

Keahlian yang Penting bagi Pengusaha – Tulisan ini saya kutip dari buku karya Robert T. Kiyosaki yang berjudul More Important Than Money. Buku tersebut berisi kumpulan dari bab buku yang sudah diterbitkan sebelumnya, yang ditulis oleh Kiyosaki sendiri, Kim Kiyosaki dan beberapa dari tim Rich Dad Advisors.

Keahlian penting bagi pengusaha merupakan sub bab dalam buku tersebut ditulis oleh salah satu Rich Dad Advisors, yaitu Blair Singer. Blair Singer merupakan Rich Dad Advisors atau Penasihat Rich Dad yang tulisannya lebih memfokuskan pada penjualan dan tim.

Menurut Blair Singer keahlian yang penting bagi pengusaha ini sama sekali tidak diajarkan di sekolah, khususnya sekolah di Amerika Serikat. Tapi, menurut saya keahlian ini pun tidak diajarkan di sekolah Indonesia. Berikut beberapa keahlian penting bagi pengusaha menurut Blair Singer:

Baca juga: Midas Touch dalam Dunia Bisnis

Keahlian #1: Kesediaan Melakukan Kesalahan

Blair Singer setuju bahwa kesediaan melakukan kesalahan adalah keterampilan yang paling penting. Belajar menerima kesalahan sebagai pengalaman pembelajaran dan bukan hal yang buruk.

Untuk menghilangkan rasa malu, penyangkalan dan pembenaran yang menyertainya. Sebagian besar respon itu sebenarnya diajarkan di sekolah sebagai bentuk kemampuan bertahan hidup.

Belajar cara menerima kesalahan dan pelajaran yang terkandung di dalamnya sama pentingnya dengan belajar tidak takut melakukan kesalahan sedari awal. Begitu melakukan kesalahan, Anda akhirnya harus menanganinya dengan satu atau lain cara.

Akan tetapi, rasa takut melakukan kesalahan terkadang menghalangi dalam mengambil keputusan sama sekali. Rasa takut ini menyebabkan stres, kehilangan, kecemasan, ragu diri, dan beberapa penyakit lain yang merampas mimpi Anda.

Keahlian #2: Kemampuan Menjual

Keahlian bisnis yang paling penting adalah kemampuan menjual. Penjualan sama dengan pendapatan. Dari kemampuan ini muncul kemampuan untuk menghasilkan pendapatan, mengalokasikan sumber daya, merekrut mitra dan tim hebat, bernegosiasi dan membuat orang lain meyakini tujuan serta mimpi Anda.

Ada banyak orang yang menganggap penjualan sebagai kata “kotor”. Sesuatu yang akan mereka hindari. Mengapa? Kemungkinan karena rasa takut mereka akan penolakan atau rasa malu.

Menurut Blair, ia belum pernah melihat seorang pengusaha sukses yang tidak bisa menjual. Ini adalah darah kehidupan setiap usaha, tapi ini juga kunci untuk mendapatkan apa pun yang Anda inginkan dari kehidupan.

Keahlian #3: Kemampuan Merekrut dan Membangun Sebuah Tim Juara

Di sekolah, kecuali bila suka berolahraga, Anda tidak pernah belajar membangun tim. Mencoba bekerja sama di sekolah dianggap kecurangan. Namun, dalam bisnis, kerja sama itu penting.

Mempelajari cara menetapkan dan melaksanakan kode kehormatan yang sederhana, atau seperangkat aturan tim, akan memperbaiki kelopok individu mana pun yang berusaha mencapai seperangkat tujuan yang sama.

Keahlian #4: Kemampuan Mengajar

Sebagai pengusaha, Anda harus belajar cara “mengajar”. Mengapa? Karena keterampilan bisnis tidak diajarkan dengan baik di sekolah. Oleh karena itu, Anda harus mengajari tim Anda cara menjual, cara bekerja sama, dan cara meraih kesuksesan.

Sering kali sebagian pengusaha meremehkan akan pentingnya kemampuan ini. Para pemimpin yang merupakan guru yang hebat membangun tim dan organisasi yang luar biasa.

Keahlian #5: Memenangkan Perang di Antara Telinga Anda

Belajar cara “memenangkan perang di antara telinga Anda” adalah penting pada saat dan masa ini. Belajar cara mengelola emosi, psikologi dan membangun kepribadian Anda bukanlah opsi, melainkan kewajiban.

Seiring bertambah sulitnya segala sesuatu, emosi cenderung naik dan kecerdasan bisa turun. Teruslah membenahi diri serta respon emosional supaya keraguan dan rasa takut menjadi turun.

Itulah beberapa keahlian penting bagi pengusaha menurut Blair Singer. Semoga kita bisa menerapkannya dalam usaha kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares