7 Kebiasaan bagi Kesuksesan Bisnis

7 Kebiasaan bagi Kesuksesan Bisnis
7 Kebiasaan bagi Kesuksesan Bisnis

7 Kebiasaan bagi Kesuksesan Bisnis – Seperti halnya dengan tujuan kesuksesan yang lain, dalam menjalankan bisnis sukses pun ada hal-hal yang perlu kita lakukan. Untuk mencapai tujuan bisnis sukses kita perlu melakukan beberapa hal yang mendekatkan kita pada tujuan tersebut.

Semakin sering kita melakukan hal tersebut, semakin hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Berikut ini ada 7 kebiasaan bagi kesuksesan bisnis menurut Brian Tracy. Ketiadaan salah satu dari kebiasaan ini akan sangat mahal atau malah fatal bagi bisnis Anda. Ketika Anda menjadi kompeten dan mampu dalam setiap bidang ini, Anda akan mampu mencapai hasil yang luar biasa, lebih cepat dan lebih mudah dari pesaing Anda.

Baca juga: Langkah Awal Menjadi Seorang Entrepreneur

Perencanaan Secara Menyeluruh

Persyaratan pertama bagi kesuksesan berbisnis adalah kebiasaan untuk melakukan perencanaan. Semakin baik, semakin menyeluruh, dan semakin detail Anda merencanakan terlebih dahulu aktivitas Anda, maka akan lebih cepat dan lebih mudah bagi Anda untuk melaksanakan rencana Anda dan mendapatkan hasil yang Anda inginkan ketika Anda memulai pekerjaan.

Terdapat akronim “6 P” yang berisi “Proper Prior Planning Prevents Poor Performance” (perencanaan awal yang layak, mencegah kinerja yang buruk). Sering kali 20 persen pertama waktu yang Anda gunakan untuk mengembangkan perencanaan yang menyeluruh akan menghemat waktu Anda sebesar 80 persen dalam mencapai tujuan bisnis yang Anda tetapkan.

Terorganisasi Sebelum Anda Mulai

Setelah Anda mengembangkan rencana yang menyeluruh bagi bisnis Anda, maka Anda harus mengembangkan kebiasaan untuk mengelola orang dan sumber daya yang Anda perlukan sebelum memulai kegiatan Anda. Dalam mengelola, Anda mengumpulkan semua sumber daya yang telah Anda tentukan sesuai dengan rencana sebagai sumber daya yang akan diperlukan.

Dalam militer, terdapat perkataan: ” Amatir berbicara tentang strategi, tetapi profesional berbicara tentang logistik”. Sangatlah penting bagi Anda untuk menentukan setiap bahan yang akan Anda perlukan sebelum Anda mengoprasikan bisnis dan mengumpulkannya sehingga mereka benar-benar siap ketika Anda membuka pintu atau memulai proyek Anda. Kegagalan dalam melengkapi satu bahan penting, sebelum kegiatan dimulai dapat menyebabkan kegagalan dalam seluruh usaha.

Dapatkan Orang yang Tepat

Kebiasaan ketiga yang harus Anda kembangkan adalah kebiasaan untuk mempekerjakan orang yang tepat untuk membantu Anda dalam mencapai tujuan. Sembilan puluh lima persen dari keberhasilan Anda sebagia seorang wiraswasta atau eksekutif ditentukan oleh kualitas orang yang Anda rekrut untuk bekerja dengan Anda atau bekerja dalam kelompok Anda.

Sebenarnya perusahaan yang terbaik memiliki orang terbaik. Perusahaan kedua terbaik memiliki orang terbaik kedua. Perusahaan terbaik ketiga memiliki orang-orang dalam tingkat rata-rata, dan mereka siap keluar dari bisnis.

Mendelegasikan dengan Bijaksana

Kebiasaan keempat yang Anda perlu kembangkan untuk keberhasilan bisnis adalah kebiasaan untuk mendelegasikan dengan tepat. Anda harus mengembangkan kebiasaan untuk mendelegasikan tugas yang tepat kepada orang yang tepat dengan cara yang tepat. Ketidakmampuan untuk mendelegasikan secara efektif dapat menjadi penyebab dari kegagalan atau kinerja yang rendah dari individu dan dapat membawa kegagalan dalam bisnis.

Ketika orang memulai bisnis, mereka biasanya melakukan segala sesuatunya sendiri. Ketika perusahaan bertumbuh dan menjadi besar, pekerjaan menjadi terlalu banyak untuk dikerjakan seorang diri, sehingga mereka mempekerjakan seseorang untuk melakukan sebagian pekerjaan. Bagaimanapun, jika mereka tidak berhati-hati, mereka mencoba untuk mempertahankan kontrol terhadap pekerjaan dan tidak sepenuhnya menyerahkan otoritas dan tanggung jawab kepada orang lain.

Periksa Apa yang Anda Harapkan

Persyaratan kelima bagi keberhasilan dalam bisnis adalah mengembangkan kebiasaan untuk melakukan supervisi yang diperlukan. Anda harus menyusun suatu sistem untuk memonitor tugas dan memastikan bahwa hal itu telah diselesaikan sesuai dengan kesepakatan. Aturan tersebut adalah “periksa apa yang Anda harapkan”.

Setelah Anda mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat dalam cara yang tepat, penting bagi Anda untuk memonitor kinerja dari tugas dan meyakinkan bahwa tugas tersebut dikerjakan sesuai dengan jadwal dan dengan tingkat kualitas yang diperlukan. Ingatlah, pendelegasian bukanlah penyerahan. Anda masih bertanggung jawab bagi hasil akhir dari tugas yang didelegasikan. Anda harus tetap menguasainya.

Mengukur Apa yang Telah Selesai Dikerjakan

Praktik keenam dari wiraswasta dan eksekutif yang berhasil adalah kebiasaan untuk mengukur kinerja. Anda harus menyusun standar yang spesifik dan dapat terukur dan kartu nilai untuk hasil yang Anda butuhkan. Anda harus menyusun jadwal dan batas waktu spesifik untuk memastikan bahwa Anda menepati jadwal.

Setiap orang yang diharapkan untuk melaksanakan pekerjaan harus tahu dengan sangat jelas mengenai target yang dia tuju, seberapa kinerja sukses yang akan diukur, dan bilamana hasil yang diharapkan akan tiba.

Menjaga Agar Setiap Orang Mendapatkan Informasi

Kebiasaan ketujuh bagi pebisnis adalah kebiasaan untuk melaporkan hasil secara berkala dan akurat. Orang di sekitar Anda perlu mengetahui apa yang terjadi. Bankir Anda perlu mengetahui hasil finansial Anda. Staf Anda perlu mengetahui status dan situasi dari perusahaan Anda. Orang-orang kunci Anda, di semua tingkat, perlu mengetahui hasil apa yang sudah dicapai.

Dalam sebuah penelitian tentang motivasi di tempat kerja, beberapa ribu karyawan mengatakan bahwa faktor yang paling penting bagi kepuasaan kerja adalah “menjadi tahu segala seluk beluk”. Orang dalam memiliki keinginan untuk mengetahui dan memahami apa yang sedang terjadi di sekitar mereka yang berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Semakin menyeluruh dan akurat laporan Anda tentang detail dan situasi bisnis Anda kepada orang-orang dalam, mereka semakin merasa bahagia dan memberikan hasil yang semakin baik.

Itulah 7 kebiasaan bagi kesuksesan bisnis menurut Brian Tracy. Semoga kita dapat menerapkannya dalam bisnis yang sedang kita jalani dan memperoleh keberhasilan sebagaimana dengan apa yang kita inginkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares