3 Hal Ini Bisa Jadi Motivasi dalam Menabung

Motivasi dalam Menabung
Motivasi dalam Menabung

3 Hal Ini Bisa Jadi Motivasi dalam Menabung. Kadang untuk memulai suatu kebiasaan baik seperti halnya menabung sekali pun rasanya sangat sulit. Sering kali kita merasa apabila kita menyisihkan uang untuk ditabung akan mengurangi kesenangan kita dalam spending, seperti berkurangnya jatah untuk jajan.

Memang manfaat menabung tidak akan kita rasakan saat ini, akan tetapi apabila kita dapat berpikir lebih jauh ke depan, manfaat yang akan kita peroleh dari menabung cukup banyak. Dan apabila kita mengetahuinya, hal tersebut akan menambah motivasi kita dalam menabung.

Baca juga: Hidup Di Bawah Kemampuan

Hal #1: Untuk Dana Darurat

Sudah sering saya singgung dalam berbagai artikel sebelumnya mengenai dana darurat. Dana darurat merupakan hal yang begitu penting, dan cara kita memilikinya ialah dengan menabung sedikit demi sedikit.

Kita ketahui bersama, bahwa hidup ini bagai roda berputar, kadang hidup kita di atas dan tak jarang kita pun harus mengalami masa dimana hidup kita berada di bawah. Ketika hidup kita lagi di atas, mungkin kita tidak akan menyadari pentingnya dana darurat.

Akan tetapi, ketika hidup kita berada di bawah dan mengalami berbagai cobaan, seperti misalnya saja saat sekarang ini Covid-19, kita pun akan menyadari pentingnya dana darurat.

Ketika kita terkena musibah PHK, setidaknya dana darurat yang kita miliki akan bisa mengurangi beban hidup kita beberapa bulan ke depan. Bayangkan, ketika kita di PHK dan tidak ada lagi penghasilan, apa yang dapat kita andalkan lagi selain dengan dana darurat. Berhutang malah akan memperdalam kita dalam keterpurukan.

Dana darurat atau tabungan mungkin tidak bisa membebaskan kesulitan sepenuhnya, tetapi bisa mengurangi kesulitan yang akan kita hadapi.

luginahijab.com

Hal #2: Tercapainya Tujuan Finansial

Manfaat selanjutnya dari menabung selain untuk mengurangi kesulitan yang tak terduga ialah demi mencapai tujuan finansial.

Tidak harus orang yang berjiwa ambisius untuk memiliki tujuan finansial. Semua orang pasti memiliki tujuan finansialnya masing-masing, entah itu ingin memiliki rumah besar, tanah dimana-mana, mobil mewah atau apa pun.

Dan salah satu cara yang bisa kita pilih untuk mencapai tujuan tersebut ialah dengan menabung. Tidak hanya menabung, uang yang berhasil kita tabung nantinya harus kita kembangkan lagi dalam berbagai investasi.

Itulah yang membuat orang kaya semakin kaya. Kenapa bisa seperti itu? Karena orang kaya mengembangkan uang tabunganya dalam investasi yang bisa memberikan penghasilan secara otomatis. Kasarnya uang mereka bekerja untuk mereka, bahkan disaat mereka tidur pun penghasilan mereka terus berdatangan.

Misalnya ketika kita mempunyai uang 10 milyar rupiah, dan kita investasikan ke dalam instrumen investasi yang dapat memberikan return keuntungan 10% dalam setahun. Setelah setahun, kita akan memperoleh penghasilan pasif senilai 1 miyar rupiah.

Enak sekali bukan. Namun untuk mendapatkan tabungan sebesar itu tentu tidak dalam waktu cepat, dibutuhkan kedisiplinan dalam jangka panjang.

Hal #3: Hari Tua Lebih Tenang

Di saat kita sudah menginjak usia pensiun dan tidak mampu bekerja lagi, penghasilan aktif pun berkurang, bahkan kita bisa tidak memiliki penghasilan sama sekali. Bagi sebagian orang yang tidak punya cukup tabungan, mereka harus mencari pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di hari tua.

Hal inilah kenapa menabung sejak usia muda ialah hal yang sangat baik. Memang, rasanya jadi kurang bisa menikmati hasil dari kerja keras saat ini, tapi kita akan jauh lebih tenang dan nyaman di hari tua nanti.

Setiap kali kita merasa sulit untuk meningkatkan tabungan, coba pikirkan 3 hal di atas, jadikan hal tersebut motivasi kita untuk menabung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares