6 Langkah Menjadi Diri Sendiri

6 Langkah Menjadi Diri Sendiri
6 Langkah Menjadi Diri Sendiri

6 Langkah Menjadi Diri Sendiri – Sering orang mengatakan kepada kita, untuk menjadi lebih bahagia, maka “just be yourself” atau “jadilah diri sendiri”. Sekilas, pernyataan tersebut memang mudah untuk diucapkan, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya.

Kebanyakan dari kita selalu mendengarkan apa kata orang, kita selalu ingin menjadi seseorang menurut persetujuan orang lain. Padahal, belum tentu hal tersebut baik untuk diri kita pribadi.

Robert Kelsey, penulis buku What’s Stopping You? Being More Confident menuliskan dalam bukunya bahwa sedikitnya terdapat 6 langkah menjadi diri sendiri. Apa saja keenam langkah tersebut? Berikut pemaparannya:

Baca juga: Rahasia Hidup Bahagia ala Stoisisme

Langkah #1: Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Jika Anda tidak bisa menerima diri sendiri apa adanya, kemungkinan terbesar yang akan terjadi adalah Anda semakin sering mengutuk diri sendiri. Perlahan-lahan, muncul rasa benci terhadap diri Anda. Jika hal ini terjadi, berarti Anda tidak pandai menghargai diri sendiri. Untuk itu, segeralah mengubahnya ke arah sikap positif.

Cukup beralasan Robert Kelsey menempatkan “menerima diri sendiri apa adanya” di urutan teratas. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa menentukan poin-poin penting di dalam hidup.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan kelebihan yang mengendap di dalam diri. Kelebihan tersebut selama ini belum diketahui disebabkan sikap Anda yang berlebihan dalam mengutuk diri sendiri.

Langkah #2: Jangan Mengeluh

Jangan mudah mengeluh, karena hal tersebut sama sekali tidak membantu Anda menuju pintu kesuksesan. Mulai saat ini, belajarlah menentukan batasan kemampuan yang Anda miliki dengan cara mengeksplorasi diri. Belajarlah dari semua kesalahan di masa lalu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Langkah #3: Hindari Menyakiti Diri Sendiri

Membanding-bandingkan Anda dengan orang lain sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Belajarlah untuk lebih fokus pada kemampuan yang Anda miliki. Sebab, Anda memiliki keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain. Menjadi orang lain tidak akan pernah membantu mengantarkan Anda meraih kesuksesan.

Tidak ada gunanya memupuk rasa iri dan cemburu atas kesuksesan yang diraih orang lain. Jujur pada kemampuan diri sendiri lebih memberikan energi positif dalam diri Anda. Dengan demikian, jalan menuju masa depan yang menjanjikan akan lebih mudah Anda dapatkan.

Langkah #4: Hapus Anggapan Merasa Tidak Disukai

Hal penting yang patut Anda catat, tidak ada seorang pun di dunia ini yang benar-benar secara jujur disukai oleh semua orang. Jika terdapat orang yang menyukai Anda, tentu ada pula yang tidak suka dengan keberadaan Anda. Maka, tidak ada pembenaran sama sekali untuk menjadi orang lain hanya karena alasan ingin disukai semua orang.

Pantang bagi Anda untuk berpura-pura. Biarkan orang lain menilai Anda apa adanya. Jangan bersikap menjadi orang lain hanya untuk disukai, karena hal tersebut akan sangat melelahkan.

Langkah #5: Tetap Fokus pada Kemampuan Sendiri

Ketika menjumpai orang yang tidak menyukai keberadaan diri Anda, janganlah bereaksi secara berlebihan. Sebab, tindakan semacam itu tidak akan pernah menguntungkan. Bersikaplah normal dan jangan terlalu diambil hati. Kemudian, tetap fokus untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki karena itu jauh lebih baik bagi diri Anda sendiri.

Langkah #6: Sediakan Waktu Khusus untuk Diri Sendiri

Kesibukan sehari-hari atau sering kali bertemu dengan seseorang membuat kita lupa menyediakan waktu untuk diri sendiri. Memberikan waktu khusus untuk diri sendiri kerap disebut sebagai me-time atau waktu menyendiri tanpa ditemani oleh orang lain.

Waktu yang dimaksud disini tentu bukanlah bersenang-senang, melainkan digunakan untuk menemukan sesuatu yang sebenarnya Anda inginkan dan butuhkan.

Itulah 6 langkah menjadi diri sendiri yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi diri sendiri itu penting, karena kita tidak mungkin meraih apa yang kita inginkan dengan jalan berusaha menjadi orang lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares