Ikhtisar Buku Your Life Your Legacy

Ikhtisar Buku Your Life Your Legacy
Ikhtisar Buku Your Life Your Legacy

Ikhtisar Buku Your Life Your Legacy – Buku ini merupakan karya dari seorang pengusaha yang bernama Roger Hamilton. Menurutnya orang biasa ketika sudah meninggal tidak akan dikenang sama seperi ketika orang tersebut masih hidup. Berbeda dengan orang sukses, walaupun sudah meninggal ia akan tetap dikenang bahkan sampai beberapa generasi selanjutnya.

Secara umum buku Your Life Your Legacy menjelasakan mengenai bagaimana seseorang bisa sukses dengan jalannya masing-masing. Karena kesuksesan seseorang akan tergantung dari bakat alami yang dimiliki dan terus menerus ia asah sampai berhasil. Jadi untuk bisa sukses seseorang harus mengetahui bakat atau profil apa yang dimilikinya terlebih dahulu.

Ada delapan profil kesuksesan menurut Roger Hamilton yang ia tulis dalam buku Your Life Your Legacy. Berikut pemaparannya:

Baca juga: Mencari Peluang Usaha Sesuai Minat

Profil #1: Pencipta (Menciptakan produk yang Lebih Baik)

Para pencipta tidak dapat menolak untuk mencipta. Mereka terus menciptakan walaupun mereka telah kehabisan sumber daya, uang, dan kesabaran orang lain. Mereka bahkan memiliki terobosan kreatif yang terhebat setelah sebagian besar orang lain menyerah.

Sebelum film animasi pertama Walt Disney selesai dibuat, distributornya bangkrut. Sebelum film keduanya selesai dibuat, ia telah kehabisan uang. Untuk dapat memproduksi film yang kini dikenal dengan nama Steamboat Willie, sebuah film animasi yang menampilkan Mickey Mouse pada tahun 1927, ia kekurangan uang. Ia lalu menulis surat kepada saudara laki-lakinya Roy: “Gadaikan semua yang kita miliki dan ayo kita kerjakan hal ini dengan cara yang benar”.

Para pencipta sukses lain yang sudah kita kenal seperti Thomas Edison, Bill Gates, Steve Jobs dan Richard Branson.

Profil #2: Bintang (Menciptakan Merk yang Unik)

Para pencipta menyusun panggungnya, dan para bintang mencuri perhatiannya. Para bintang mendapatkan umpan balik paling berharga di bawah sorot lampu, dan mendapat aliran mereka saat mereka tampil. Sebagai hasilnya, mereka mampu mengubah daya tarik mereka ketika masih di atas, dan magnet pribadi mereka merupakan nilai terhebat mereka.

Sebagai inovator, para bintang memilik kepercayaan dari dalam yang akan mendorong dan membimbing mereka. Namun, orang lain terkadang melihat hal ini sebagia rasa percaya diri yang berlebihan.

Para bintang yang sukses akan senang meningkatkan daya ungkit produk dan program orang lain agar mereka dapat menunjukkan daya keajaiban mereka. Mereka memimpin dari depan dengan nama mereka yang bersinar, sedangkan orang lain yang akan menghitung hasil yang diterima.

Para bintang sukses yang sudah kita kenal seperti Oprah Winfrey, Martha Stewart, Arnold Schwarzenegger, Paul Newman dan Amitabh Bachchan.

Profil #3: Suporter (Memimpin Tim)

Sementara para bintang sibuk bersinar, para suporter sibuk menerangi orang lain. Para suporter adalah para pemimpin terkuat, karena mereka dapat menerjemahkan nilai menjadi tindakan melalui orang lain. Seperti yang dikatakan oleh Jack Welch, “informasi bergerak begitu cepat saat ini, dan semua orang lebih banyak memiliki informasi dibandingkan dengan para CEO. Jadi, satu-satunya peran CEO adalah berada di luar, menyemangati orang lain dan mengubah informasi ini menjadi tindakan.”

Para suporter yang sukses akan terus bekerja sama dengan pencipta nilai yang sama, membangun suatu budaya pelaksanaan yang efektif. Steve Ballmer telah memimpin Microsoft, memberikan Bill Gates ruang untuk mencipta, dan saham kepemilikannya di perusahaan Bill kini telah memberikannya penghasilan bersih sebesar lebih dari $13 miliar.

Para suporter terkenal lain seperti Michael Eisner, Steve Case dan Meg Whitman.

Profil #4: Pembuat Transaksi (Menyatukan Semua Orang)

Seperti bintang dan suporter, para pembuat transaksi meningkatkan daya ungkin melalui pembesaran secar terbuka. Namun, bila bintang berada jauh di langit, para pembuat transaksi melekatkan telinga mereka di tanah.

Seorang pembuat transaksi hidup di masa kini dengan menciptakan nilai melalui penempatan waktu, dan bukannya inovasi. Seperti yang dikatakan oleh Donald Trump, “saya berusaha untuk belajar dari masa lalu, tetapi saya membuat rencana untuk masa depan dengan berfokus secara eksklusif pada masa kini. Di situlah letak kesenangannya.”

Para pembuat transaksi yang sukses cenderung manangkap imajinasi dari dunia bisnis, dengan gerakan sederhana yang akan menghasilkan jutaan dalam waktu singkat. Dari semua profil, para pembuat transaksi paling bergantung pada hubungan di sekeliling mereka. Jika nilai bintang tumbuh saat mereka semakin sulit dijangkau, nilai pembuat transaksi akan tumbuh saat mereka semakin mudah untuk dijangkau.

Para pembuat transaksi lain yang sudah kita kenal seperti David Geffen, Masayoshi Son, Henry Kravis dan Rupert Murdoch.

Profil #5: Pedagang (Membeli dengan Harga Rendah, Menjual dengan Harga Tinggi)

Pedagang adalah pakar penempatan waktu, tetapi tidak seperti para pembuat transaksi yang menghasilkan uang karena menyatukan aset dan sumber daya, pedagang akan membeli dan menjual aset serta menghasilkan uang dari penyebarannya.

Pedagang yang ekstrover akan melakukan hal ini di mana mereka dapat memengaruhi harga melalui proses tawar menawar yang ketat. Sedangkan pedagang yang introver lebih suka berdagang melalui analisis, alih-alih melakukan penawaran langsung, dan yang termasuk dalam kelompok ini adalah banyak pedagang pasar saham sukses saat ini.

Para pedagang sukses yang sudah kita kenal seperti George Soros, Peter Lynch, John Templeton dan Jim Rogers.

Profil #6: Akumulator (Mengumpulkan Aset-Aset yang Berharga)

Saat pedagang menciptakan kekayaan dengan mempercepat aliran uang, akumulator menciptakan kekayaan dengan memperlambatnya. Alih-alih menghasilkan uang dengan membeli dan menjual ombak, mereka menghasilkan uang dari membeli dan mempertahankan pasar. Akumulator selalu mempersiapkan diri dan orang yang paling sukses adalah yang sedang mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Seperti yang dikatakan oleh Warren Buffett di laporan tahunannya, “Nabi Nuh tidak mulai membangun kapal saat hujan turun.”

Tetap dan dapat diandalkan, jika semua profil ini dibandingkan dengan sebuah tim sepak bola, maka bintang adalah striker sedangkan akumulator adalah kipernya. Jika bintang menghabiskan dengan cepat, akumulator menyimpan dengan cepat. Akumulator sering gagal karena menyimpan terlalu banyak untuk diri mereka sendiri, alih-alih membuat tim penasihat yang akan membantu perilaku mereka.

Akumulator sukses lainya yang sudah kita kenal sepert Benjamin Graham, Sandy Weill, Li Ka Sing dan Paul Allen.

Profil #7: Raja (Mengendalikan Aset-Aset yang Menghasilkan Uang)

Raja sangat menyukai hal-hal detail dan dikenal karena sifat hematnya. Salah satu raja paling sukses di dunia, John D. Rockefeller mengatakan hal ini saat ia mengenang kembali hidupnya, “saya masih ingat dengan sangat baik kata-kata ibu, yaitu pemborosan menyebabkan penyesalan.”

Raja dapat menghasilkan uang dari suatu aset tanpa perlu memiliki aset itu. Rockefeller menjadi miliuner di bidang industri minyak tanpa perlu memiliki satu pun sumur minyak. Mittal telah menjadi miliuner di bidang industri baja tanpa perlu memilik satu pun tambang. Raja komoditi ataupun tuan tanah memiliki kesabaran dan ketekunan untuk mengumpulkan dan menghasilkan setiap sen dari aliran uang yang mereka dapat.

Para raja lainnya yang sudah kita kenal seperti Andrew Carnegie, Jean Paul Getty dan Sergey Brin.

Profil #8: Ahli Mesin (Menciptakan Sistem yang Lebih Baik)

Jika para pencipta harus selalu berkhayal, ahli mesin harus selalu bekerja dengan jemari mereka. Jika pencipta hebat dalam memulai segala sesuatu, ahli mesin hebat dalam menyelesaikan segala sesuatu. Mereka adalah orang-orang perfeksionis, itulah mengapa mereka tidak dapat berhenti mencari jalan agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lebih baik.

Salah satu pepatah yang diutarakan oleh Henry Ford adalah: “Semuanya dapat selalu dikerjakan dengan lebih baik dibandingkan dengan yang sedang dikerjakan.”

Para ahli mesin sukses lainnya yang sudah kita kenal seperti Ray Kroc, Sam Walton, Ingvar Kamprad dan Michael Dell.

Itulah delapan profil kesuksesan menurut Roger Hamilton dalam bukunya Your Life Your Legacy. Menurut Anda, Anda termasuk ke dalam profil yang mana?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares