Ikhtisar Buku IKIGAI (Rahasia Hidup Bahagia)

Buku IKIGAI
Buku IKIGAI

Buku IKIGAI (Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang) diterbitkan pada tahun 2016. Buku ini ditulis oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles.

Hector Garcia Puigcerver merupakan seorang geek (kutu buku) yang tinggal di Jepang. Ia lahir di Eropa pada tahun 1981 dan hobi menulis di blog sejak tahun 2004 di Tokyo. Selain IKIGAI (rahasia hidup bahagia dan panjang umur orang Jepang), Hector juga menulis buku Metode IKIGAI, A Geek in Japan, dan Japon Momentos.

Francesc Miralles lahir di Barcelona pada 27 Agustus 1968. Ia mengambil jurusan sastra Jerman di Universitas Barcelona. Setelah menyelesaikan studinya, ia mengambil gelar masternya di jurusan penerbitan.

Sebelum menyelesaikan studi pascasarjana, Francesc bekerja sebagai editor untuk sebuah penerbitan yang khusus menerbitkan buku-buku bertema self-helf. Di sana Francesc telah menerbitkan beberapa buku dan menulis banyak buku yang berbeda dengan menggunakan nama pena.

Baca juga : 8 Tipe Orang yang Harus Kita Hindari

Apa itu IKIGAI?

Ikigai berasal dari bahasa Jepang yang apabila kita artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya kehidupan menjadi berharga atau kehidupan yang penuh makna.

Menurut orang Jepang, semua orang memiliki ikigai, seperti yang bisa disebut filsuf Prancis sebagai raison d’etre (alasan sebuah keberadaan). Beberapa orang telah menemukan ikigai mereka, sementara yang lainnya masih mencari, meskipun mereka sebenarnya membawanya di dalam diri mereka.

Ikigai tersembunyi jauh di dalam diri kita masing-masing. Untuk menemukannya memerlukan pencarian yang telaten dan sabar. Menurut mereka yang lahir di Okinawa (salah satu provinsi di Jepang), pulau dengan centenarian (orang berusia lebih dari 100 tahun) paling banyak di dunia, ikigai adalah alasan kita bangun di pagi hari.

luginahijab.com

Sepuluh Aturan IKIGAI

Sepuluh aturan ikigai ini merupakan poin-poin penting yang diperoleh penulis dari hasil wawancara langsung dengan warga Ogimi (kota yang paling banyak centenarian di provinsi Okinawa) yang berusia panjang :

1. Terus Aktif, Jangan Pensiun

Mereka yang menyerah dan tak lagi melakukan hal-hal yang mereka sukai akan kehilangan tujuan hidup. Itulah mengapa sangat penting untuk terus melakukan hal-hal yang bernilai, membuat kemajuan, membawa keindahan atau manfaat kepada orang lain, membantu dan membentuk dunia di sekitar Anda, bahkan setelah kegiatan profesional Anda resmi telah berakhir.

2. Perlahan Saja

Selalu tergesa itu berbanding terbalik dengan kualitas hidup. Seperti pepatah lama ” Berjalanlah perlahan dan Anda akan pergi jauh “. Ketika kita meninggalkan urgensi di belakang, hidup dan waktu akan memiliki makna baru.

3. Jangan Penuhi Perutmu

Yang kurang itulah yang lebih. Itu prinsip dalam soal makan untuk panjang umur. Menuruti aturan 80% agar tetap sehat lebih lama. Alih-alih mengisi perut dengan penuh, kita harus makan sedikit kurang dari tuntutan rasa lapar.

4. Kelilingi Dirimu dengan Teman Baik

Teman adalah obat terbaik karena kita bisa mengobrol, berbagi cerita yang mencerahkan, mendapatkan nasihat, bersenang-senang, dan bermimpi. Dengan kata lain menikmati hidup.

5. Bugar untuk Ulang Tahun yang akan Datang

Air mengalir; bentuk terbaik air adalah bila masih segar mengalir dan tidak stagnan. Tubuh yang Anda pakai bergerak untuk menjalani kehidupan juga perlu sedikit pemeliharaan harian agar bisa terus berfungsi dalam waktu yang lama. Plus, latihan olah tubuh akan melepaskan hormon yang membuat kita merasa bahagia.

6. Senyum

Sikap ceria tidak hanya membuat rileks, tetapi juga membantu Anda mendapat banyak teman. Adalah baik untuk selalu introspeksi berkaitan dengan hal yang tidak berlangsung dengan sempurna, tetapi kita tidak boleh lupa betapa istimewanya sekedar berada di sini, di saat ini, di dunia yang penuh dengan kemungkinan.

7. Berhubungan Kembali dengan Alam

Meskipun akhir-akhir ini kebanyakan orang tinggal di kota, manusia diciptakan untuk menjadi bagian dari alam. Kita harus sering kembali ke alam untuk mengisi ulang baterai kita.

8. Bersyukurlah

Berterima kasihlah kepada nenek moyang, kepada alam yang memberi udara yang Anda hirup dan makanan yang Anda makan, kepada teman dan keluarga untuk segala sesuatu yang mencerahkan hari-hari Anda dan membuat Anda merasa beruntung karena masih hidup. Luangkan waktu sejenak setiap hari untuk bersyukur, dan Anda akan melihat kebahagiaan Anda semakin bertambah.

9. Hiduplah pada Saat Ini

Berhentilah menyesali masa lalu atau takut akan masa depan. Hari ini adalah segalanya yang Anda miliki. Manfaatkan dengan baik. Buatlah hari ini menjadi kenangan terindah.

10. Ikuti Ikigai-mu

Ada gairah di dalam diri Anda, bakat unik yang memberi makna pada hari-hari Anda dan mendorong Anda untuk berbagi yang terbaik dari diri Anda sampai saat terakhir. Jika Anda tidak tahu apa ikigai Anda, seperti kata Viktor Frankl (seorang neurolog dan psikiater Austria serta korban Holocaust yang selamat), misi Anda adalah menemukannya.

Itulah intisari dari buku IKIGAI (rahasia hidup bahagia dan panjang umur orang Jepang) yang dapat saya sampaikan, semoga kita dapat mengambil beberapa pelajaran penting mengenai makna kehidupan dari buku tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares