Persiapan Pensiun yang Terencana

Persiapan Pensiun yang Terencana
Persiapan Pensiun yang Terencana

Persiapan Pensiun yang Terencana – Tulisan ini saya ambil dari buku tulisan Ken Fisher yang berjudul The Ten Road to Riches. Menurutnya terdapat 10 cara atau jalan yang bisa dipilih untuk mencapai kemakmuran, masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Sepuluh jalan tersebut ialah:

  1. Memulai sebuah bisnis yang sukses,
  2. Menjadi CEO sebuah perusahaan yang sudah ada dan menjalankannya dengan bersemangat,
  3. Bergabung dengan seorang visioner sukses,
  4. Mengubah ketenaran menjadi kekayaan,
  5. Menikah dengan baik,
  6. Mencuri secara sah (Pengacara Penggugat),
  7. Memanfaatkan uang orang lain (UOL),
  8. Menemukan sebuah aliran pendapatan masa depan yang tak berujung (Royalti),
  9. mengalahkan para tuan tanah dengan menguangkan kekayaan real estate yang tidak diketahui, dan
  10. Menabung dan berinvestasi dengan baik.

Jalan terakhir ialah jalan yang paling mudah dan lebih sering di tempuh. Jika Anda memilih jalan ini, Anda hanya perlu memiliki konsistensi dan bersabar dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, untuk tujuan pensiun yang baik dan pasti, menurut saya cara ini merupakan cara yang paling pas untuk dijalani.

Tetapi, Anda tidak akan menjadi seorang triliuner dengan cara ini. Kecuali Anda luar biasa hemat dan hidup dengan makanan yang alakadarnya. Kabar baiknya, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan beberapa milyar rupiah dan hidup dengan pensiun yang menyenangkan. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika Anda memilih jalan ini:

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini

Langkah #1: Dapatkan Pekerjaan yang Layak dengan Gaji yang Bagus

Dengan pekerjaan bergaji besar, atau yang akhirnya akan memberikan gaji besar, Anda bisa menabung lebih banyak, dengan lebih mudah. Lakukan apa yang Anda sukai, tapi lebih baik adalah bila apa yang Anda sukai memberikan bayaran di atas rata-rata.

Langkah #2: Cari Tahu Apa yang Anda Inginkan/ Butuhkan

Jangan menabung tanpa target. Pikirkan apa yang ingin Anda jalani. Jangan lupa menyesuaikan dengan inflasi.

Langkah #3: Hitung Apa yang Anda Butuhkan untuk Manabung Setiap Bulan

Berdasarkan sasaran Anda, pikirkan berapa banyak yang harus Anda tabung. Anda tidak perlu menabung jumlah yang sama setiap bulan atau tahun, terutama bila Anda masih muda.

Anda boleh membuat rencana untuk meningkatkan tabungan selang beberapa waktu. Namun ingat, uang yang ditabung lebih awal bernilai lebih besar di kemudian hari. Mulailah sekarang.

Langkah #4: Menabunglah Sekarang

Bagaimana? Pilihan Anda. Hasilkan lebih banyak uang. Lakukan apa saja untuk menaati rencana menabung Anda. Kebanyakan buku menganjurkan hidup hemat, beberapa orang tidak bisa melakukannya. Bila Anda salah satunya, tingkatkan penghasilan Anda.

Langkah #5: Buat Uang Anda Bekerja

Di sini salah satu caranya ialah dengan memiliki saham yang cukup banyak. Saham memiliki pengembalian jangka panjang yang baik. Bila Anda berada di jalan ini, Anda mempunyai waktu panjang untuk berinvestasi.

Bila Anda tidak tahan volatilitas (naik dan turunanya harga saham), buat rencana yang sesuai. Kurangi harapan Anda menyangkut pengembalian. Menabung lebih banyak. Anda tidak bisa menjadi kaya dengan saham lebih sedikit bila Anda merencanakan dengan baik dan disiplin.

Itulah beberapa langkah persiapan pensiun yang terencana menurut buku The Ten Road to Riches karya Ken Fisher.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares