Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif
Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif – Selalu berpikiran negatif tidak akan bisa mengantarkan kita pada jalan kesuksesan. Berpikiran negatif justru akan menghambat kita untuk melangkah lebih jauh dan maju.

Maka dari itu, kita harus bisa mengubah pikiran negatif kita menjadi pikiran yang lebih positif. Apa saja cara yang bisa kita lakukan? Berikut pemaparannya:

Baca juga: 3 Pola Pikir Merusak Menurut Martin Seligman

Cara #1: Kita Hidup di Masa Sekarang

Tanamkan di dalam pikiran bahwa kita hidup di masa sekarang. Dengan cara itu, kita dapat melepaskan diri dari bayang-bayang kegagalan di masa lalu yang kerap menimbulkan kekhawatiran menatap masa depan.

Cara #2: Berkata Positif

Awalilah dengan berkata pada diri sendiri untuk memberi sugesti positif bagi kehidupan kita. Sebab, tidak ada motivator yang paling andal kecuali diri kita sendiri. Sebagus apa pun motivator ulung, atau semahal apa pun pelatihan motivasi, jika kita tidak mau memotivasi diri kita sendiri, hasilnya akan nihil.

Untuk itu, perlu ditekankan bahwa segala perubahan berawal dari diri sendiri. Berkata positif pada diri sendiri adalah langkah awal menciptakan perubahan positif bagi kehidupan kita.

Cara #3: Yakin pada Hal-hal Positif

Segala sesuatu berangkat dari keyakinan. Jika kita saat ini menanamkan keyakinan negatif, tentu di masa depan buah yang dipetik akan berwujud hal-hal negatif. Berbeda halnya apabila yang kita tanamkan saat ini adalah keyakinan positif. Di masa depan, buah yang kita petik pasti bernilai positif.

Cara #4: Tidak Berdiam Diri

Semua niat baik dan perencanaan matang akan sia-sia apabila tidak dilakukan. Sukses dan kaya tidak lahir semata-mata dari keinginan, melainkan dari tindakan positif yang dimotivasi oleh harapan. Kesuksesan bukanlah hadiah yang turun begitu saja dari langit, melainkan perlu diusahakan, tidak hanya berdiam diri.

Cara #5: Fokus pada Hal-hal Positif

Melihat sesuatu menggunakan kacamata positif dapat membuka cakrawala secara luas, serta membantu melihat kemungkinan-kemungkinan positif yang dapat diambil.

Cara #6: Berolahraga

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Berolahraga dapat mengalihkan fokus kita yang selama ini hanya tertuju pada hal-hal negatif. Sehingga, secara perlahan-lahan dapat menghilangkan atau menjauhkan pada kebiasaan-kebiasaan buruk.

Cara #7: Hadapi Rasa Takut

Rasa takut merupakan akibat berfokus pada hal-hal negatif, Oleh karena itu, hadapilah rasa takut kita agar mampu meraih kesuksesan. Sebab, kesuksesan hanya diperuntukan bagi orang-orang pemberani, bukan pengecut.

Cara #8: Mencoba Hal-hal Baru

Kesuksesan bersembunyi di balik hal-hal yang mungkin belum pernah kita coba. Untuk itu, tidak ada alasan enggan atau ragu mencoba hal-hal baru di dalam hidup kita.

Itulah beberapa cara mengubah pikiran negatif menjadi positif. Semoga dapat membantu kita untuk selalu melihat segala sesuatu dari segi positifnya, bukan sebaliknya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares