Cara Membangun Sebuah Jaringan atau Koneksi

Cara Membangun Sebuah Jaringan atau Koneksi
Cara Membangun Sebuah Jaringan atau Koneksi

Cara Membangun Sebuah Jaringan atau Koneksi – Memiliki jaringan pertemanan sangatlah penting dalam dunia usaha. Hal ini akan mempermudah kita dalam pembelian produk, saran-saran dalam usaha atau pun dalam pemasaran barang atau jasa itu sendiri.

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk membangun sebuah jaringan. Pada artikel sebelumnya kami sudah memaparkan beberapa tip dan cara yang bisa kita lakukan untuk membangun jaringan menurut Fellexandro Ruby dalam bukunya You Do You.

Kali ini kami akan memaparkan beberapa cara membangun jaringan menurut Martin J. Grunder Jr. dalam bukunya The 9 Super Simple Steps to Entrepreneurial Success. Cara ini bisa mudah bisa juga sulit, beberapa bisa menyenangkan dan beberapa yang lainnya berbiaya mahal. Langsung saja kita ulas beberapa caranya satu per satu.

Baca juga: Tips Membangun Koneksi atau Jaringan yang Baik

Pasang Foto Anda di Alat-alat Pemasaran Anda

Taruh sebuah foto yang bagus di kartu nama Anda, alat tulis dan semua iklan Anda. Seniman grafis pasti akan mengatakan ini adalah sebuah ide yang buruk, jangan dengarkan mereka.

Mereka mungkin ahli di bidang grafis, mereka mungkin tahu apa yang tampak indah, dan mungkin mereka tahu apa yang tampak kreatif, tetapi mereka tidak tahu caranya untuk memasarkan produk.

Tujuannya adalah untuk membuat orang mengenal dengan baik siapa Anda dan apa yang Anda lakukan sehingga mereka akan ingat kepada Anda pada saat mereka membutuhkan Anda.

Tulis Artikel atau Ulasan dan Kirimkan

Cara kedua untuk menarik perhatian dan membangun jaringan Anda adalah dengan menulis artikel, atau bahkan menjadi penulis kolom tetap di surat kabar kota Anda. Tak peduli sekecil atau sebesar apa pun surat kabar tersebut. Foto dan nama Anda yang tercatat di sana akan langsung menaikan kredibilitas Anda.

Menjadi Relawan

Pokoknya, libatkan diri Anda pada satu kegiatan. Anda akan merasa senang karena Anda telah membantu orang lain, dan Anda juga akan dapat memperluas jaringan Anda. Anda bisa bergabung denga asosiasi apa saja, yang penting Anda menjadi seorang anggota aktif.

Hanya dengan cara itu Anda bisa mendapatkan manfaat. JIka Anda tidak bisa aktif dalam asosiasi tersebut, lebih baik Anda tidak perlu bergabung.

Menjadi Seseorang yang Disenangi Orang Lain

Mungkin cara terpenting bagi Anda untuk bisa membuat jaringan dengan orang lain adalah dengan menjadi seorang yang positif. Dekati orang dan buatlah agar orang ingin berada di dekat Anda. Bersikap lucu boleh-boleh saja. Tetapi, jangan terlihat terlalu lucu.

Tak apa bersikap tertarik pada seseorang. Tetapi, jangan terlihat terlalu tertarik. Tersenyumlah saat orang melihat kepada Anda. Simaklah kata-kata orang yang berbicara kepada Anda. Bersikaplah positif, tunjukkan bahwa Anda mendukung orang lain dan bantulah mereka.

Berbicara di Depan Kelompok

Cara lain untuk menarik minat orang lain kepada diri Anda dan menciptakan jaringan adalah dengan berbicara di depan kelompok atau memberikan ceramah. Jika Anda terlibat dalam perusahaan Multi Level Marketing, adakan seminar tentang manfaat yang bisa dipetik jika terlibat dalam kegiatan semacam ini.

Jika Anda seorang penjual vitamin, berceramahlah tentang fungsi vitamin bagi kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Mengajar

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan jaringan Anda adalah dengan mengajar di kelas. Jika kebetulan Anda memiliki restoran sendiri, mungkin masuk akal jika Anda mengajar di kelas memasak.

Tentu saja, Anda mungkin harus membagi beberapa resep rahasia Anda, tapi Anda mungkin juga dapat menumbuhkan minat yang besar pada restoran Anda dalam diri para siswa yang ada di kelas Anda. Anda bahkan mungkin bisa menemukan beberapa orang yang dapat menjadi anggota tim hebat Anda yang baru.

Itulah beberapa cara membangun sebuah jaringan menurut Martin J. Grunder Jr. dalam bukunya The 9 Super Simple Steps to Entrepreneurial Success. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares