Kenali Kemampuan Pribadi Anda

Kenali Kemampuan Pribadi Anda
Kenali Kemampuan Pribadi Anda

Kenali Kemampuan Pribadi Anda – Bahan baku produktivitas sudah ada di dalam kekuatan fisik, mental dan emosional Anda. Tubuh Anda mirip sebuah mesin yang membutuhkan makanan, air dan istirahat agar menghasilkan tenaga yang kemudian Anda gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting di dalam kehidupan serta pekerjaan Anda.

Terlalu memforsir tubuh Anda dengan mengerjakan pekerjaan secara berlebihan tanpa diimbangi dengan istirahat dan asupan makanan yang baik akan membuat Anda merasa begitu lelah, baik secara fisik maupun mental.

Misalnya apabila Anda seorang pekerja kantoran dan Anda memaksakan untuk masuk kantor setiap hari karena tuntutan pekerjaan. Hal ini malah akan menurunkan produktivitas Anda karena tubuh Anda tidak akan mendukung secara maksimal dalam mengerjakannya.

Berbeda jika Anda dapat beristirahat dengan baik, Anda akan mampu menyelesaikan tugas dua kali, tiga kali, bahkan lima kali lebih banyak dibandingkan yang Anda selesaikan saat tubuh Anda lelah dan kehabisan tenaga.

Baiknya Anda kenali kemampuan pribadi Anda terlebih dahulu sebelum Anda mengerjakan tugas-tugas pekerjaan, agar tugas yang akan Anda kerjakan dapat selesai dengan baik. Adapun beberapa syarat penting yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kekuatan tubuh Anda, diantaranya:

Baca juga: 21 Cara Mencapai Hasil Maksimal dengan Kerja Minimal

Kerja Berlebihan Bisa Berarti Kurang Produktif

Faktanya setelah bekerja selama delapan atau sembilan jam produktivitas Anda mulai menurun. Oleh sebab itu, meski kadang-kadang memang perlu, bekerja sampai malam membuat hasil yang Anda peroleh makin lama makin berkurang.

Semakin letih Anda, semakin buruk pula kualitas pekerjaan Anda dan akan semakin banyak kesalahan yang Anda buat. Pada titik tertentu Anda bisa “membentur dinding” atau dalam istilah jaman sekarang “kena mental” hingga Anda tidak mampu melanjutkan pekerjaan Anda lagi, seperti baterai yang kehabisan tenaga.

Bekerja sesuai Kemampuan

Ada waktu-waktu tertentu dalam satu hari ketika kondisi Anda sangat baik. Anda perlu mengetahui waktu tersebut dan mendisiplinkan diri Anda untuk memanfaatkannya dengan mengerjakan tugas-tugas yang paling penting serta menantang.

Sebagian besar orang berada pada kondisi terbaik mereka di pagi hari, setelah menikmati tidur yang nyenyak pada malam hari. Sebagian lagi merasa lebih baik di waktu siang. Beberapa orang merasa lebih kreatif dan lebih produktif pada petang atau malam hari.

Alasan melakukan penundaan yang terutama adalah kelelahan atau berusaha mengerjakan suatu tugas pada saat Anda sudah letih. Anda tidak lagi mempunyai tenaga atau semangat. Ketika Anda merasa kelelahan karena banyaknya tugas yang harus Anda kerjakan, sementara waktu terlalu sedikit, lebih baik hentikan pekerjaan Anda.

Kadang-kadang, hal terbaik yang dapat Anda lakukan dengan waktu Anda adalah pulang lebih cepat lalu tidur selama sepuluh jam. Cara ini mampu memulihkan tenaga Anda sepenuhnya dan memungkinkan Anda melakukan pekerjaan dua atau tiga kali lebih banyak pada hari berikutnya.

Tidurlah yang Cukup

Berangkat tidur lebih awal selama lima hari kerja dalam seminggu, tidur lebih lama pada akhir pekan, dan beristirahat seharian penuh pasti akan memberi Anda tenaga lebih banyak. Tambahan tenaga ini akan membantu Anda mengatasi penundaan dan memulai tugas-tugas penting Anda lebih cepat dengan tekad yang lebih besar dibandingkan jika Anda dalam keadaan letih.

Jaga Kesehatan Anda

Selain banyak istirahat, untuk menjaga agar tenaga Anda tetap tinggi, berhati-hatilah dengan apa yang Anda makan. Makanlah secukupnya jangan berlebihan dan perhatikan kalori serta asupan gizi di dalam makanan tersebut.

Berusahalah untuk berolahraga 200 menit setiap minggu, yaitu ukuran waktu yang disepakati untuk mendapatkan tingkat kebugaran yang prima. Jumlah ini kurang lebih setara dengan 30 menit sehari yang bisa dipenuhi dengan berjalan kaki. Anda bisa melakukanya sebelum atau sesudah bekerja, atau melakukan jalan pendek pada siang hari, ketika Anda ke kantin misalnya.

Dengan makan makanan tidak berlemak dan sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup, Anda akan mampu menyelesaikan pekerjaan lebih banyak serta lebih baik dan mudah, serta menikmati kepuasan lebih besar daripada yang pernah Anda rasakan.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kenali kemampuan pribadi Anda dan selalu berusaha untuk menyeimbangkan kemampuan tubuh dan mental Anda dengan rutinitas pekerjaan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares