Keutamaan dan Manfaat Zakat bagi Umat Muslim

Keutamaan dan Manfaat Zakat
Keutamaan dan Manfaat Zakat

Keutamaan dan Manfaat Zakat bagi Umat Muslim – Zakat termasuk ke dalam rukun islam, hal ini menegaskan bahwa menunaikan zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim. Zakat ialah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama islam dan diberkan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Keutamaan dari zakat dijelaskan oleh Allah SWT diantaranya dalam beberapa ayat di bawah ini:

فَاِنْ تَابُوْا وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ فَاِخْوَانُكُمْ فِى الدِّيْنِ ۗوَنُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ

Artinya: “Dan jika mereka bertobat, melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelasakan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.” – Al Qur’an surat At-Taubah ayat 11

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ لَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Artinya: Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebaikan, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” – Al Qur’an surat Al-Baqarah ayat 277

Segala apa yang Allah SWT perintahkan pasti mengandung manfaat dan kebaikan yang amat besar, berikut ini beberapa keutamaan dan manfaat zakat bagi umat muslim:

Baca juga: Mengapa Ramadhan Lebih Boros, Ini Penyebabnya

Keutamaan Membayar Zakat

Dalam setiap perintah Allah SWT untuk mengerjakan ibadah, pasti Allah SWT telah janjikan beberapa keutamaan di dalam ibadah tersebut. Sama halnya dengan ibadah-ibadah wajib lainnya, menunaikan zakat pun memiliki keutamaan, diantaranya:

Keutamaan #1: Masuk ke Dalam Surga

Sebagaimana janji Allah SWT dalam Al Qur’an surat An Nisa ayat 162, bahwa orang yang selalu menunaikan zakatnya akan dimasukan ke dalam surga-Nya Allah SWT.

لٰكِنِ الرَّاسِخُوْنَ فِى الْعِلْمِ مِنْهُمْ وَالْمُؤْمِنُوْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَالْمُقِيْمِيْنَ الصَّلٰوةَ وَالْمُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالْمُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ اُولٰۤىِٕكَ سَنُؤْتِيْهِمْ اَجْرًا عَظِيْمًا

Artinya: “Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.” – Al Qur’an surat An Nisa ayat 162

Keutamaan #2: Mendapatkan Ampunan

Allah SWT menjanjikan ampunan dosa bagi orang yang membayar zakat sekaligus menjanjikan jaminan surga sebagaimana ayat sebelumnya. Hal ini sesuai firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al-Maidah ayat 12.

وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ

Artinya: “Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat di antara mereka 12 pemimpin dan Allah berfirman:

” Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan sholat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu.

Dan sesungguhnya kamu akan kumasukan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir diantaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” – Al Qur’an surat Al-Maidah ayat 12

Keutamaan #3: Mendapatkan Petunjuk dan Hidayah

Allah akan memberikan petunjuk dan hidayah dalam segala urusan bagi umatnya yang melaksanakan zakat.

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ ۗفَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

Artinya: “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” – Al Qur’an surat At-Taubah ayat 18.

Keutamaan #4: Mendapatkan Balasan Pahala dari Allah SWT

Dalam Al Quran surat An-Nur ayat 37-38 Allah SWT berfirman:

رِجَالٌ لَّا تُلْهِيْهِمْ تِجَارَةٌ وَّلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَاِقَامِ الصَّلٰوةِ وَاِيْتَاۤءِ الزَّكٰوةِ ۙيَخَافُوْنَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيْهِ الْقُلُوْبُ وَالْاَبْصَارُ ۙ

Artinya: “Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (juga) dari jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayar zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.” – Al Quran surat An-Nur ayat 37

لِيَجْزِيَهُمُ اللّٰهُ اَحْسَنَ مَا عَمِلُوْا وَيَزِيْدَهُمْ مِّنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “(Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” – Al Quran surat An-Nur ayat 38

Keutamaan #5: Menjadikan Keberkahan pada Harta

Dengan melakukan zakat, harta yang dimiliki menjadi penuh barokah, berkembang semakin baik dan banyak. Rasulullah bersabda; “Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta.” – HR. Muslim

Hadits tersebut menegaskan bahwa menunaikan zakat tidak akan mengurangi harta kita sedikitpun. Malah sebagian harta kita yang digunkan untuk menunaikan zakat tersebut akan dikembalikan dengan berlipat ganda dan penuh keberkahan.

Manfaat Membayar Zakat

Zakat memiliki banyak manfaat, baik itu dari segi agama, sosial dan finansial sekalipun.

Manfaat #1: Manfaat Membayar Zakat dari Segi Agama

Manfaat membayar zakat dari segi agama diantaranya:

Menyempurnakan Iman

Berzakat kepada mereka yang membutuhkan merupakan salah satu pilar agama islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya.

Bukti Keimanan dan Ketaatan

Manusia membutuhkan dan mencintai uang sebagai sesuatu yang harus dimiliki. Oleh karena itu, terkadang mereka tidak rela melepaskan apa yang mereka cintai tanpa imbalan apapun.

Dengan membayar zakat, merupakan salah satu wujud keimanan kita kepada Allah SWT. Sebab, dengan berzakat kita tidak mengharapkan imbalan duniawi melainkan ketenangan hati dan pahala dari Allah SWT.

Membersihkan Hati dan Diri

Dengan berzakat kita akan dijauhkan dari sifat-sifat kikir, karena sifat-sifat kikir ini merupakan penyakit hati yang harus kita buang jauh-jauh.

Menenangkan Hati

Ketika kita melakukan kebaikan seperti halnya zakat kepada orang lain, hati kita akan merasa tenang dan tentram. Hal ini karena dengan berzakat kita akan mudah untuk merasa penuh syukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Salah Satu Tiket Masuk Surga

Seperti yang sudah kita ulas di atas, zakat ialah salah satu rukun islam yang wajib kita tunaikan, dengan membayar zakat berarti kita sudah menjalankan perintah dari Allah SWT, dan jaminannya surga.

Menghapus Dosa

Berbuat kebaikan dapat menambah pahala dan mengurangi dosa kita, atau bahkan menghapusnya. Rasulullah bersabda; “Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” – HR At-Tirmidzi dan An-Nasaai

Manfaat #2: Manfaat Membayar Zakat dari Segi Sosial

Manfaat membayar zakat dari segi sosial diantaranya:

Terbiasa Membantu Sesama

Manfaat zakat selanjutnya ialah menjadikan umat islam sebagai satu keluarga besar, yang saling membantu satu sama lain. Empati saat berzakat menimbulkan perasaan bahwa kita memiliki saudara sesama yang harus diperlakukan dengan baik, sebagaima yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Al-Qasas ayat 77; “Dan berbuat baiklah (kepada orang lain), sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu.”

Menghilangkan Rasa Iri dan Prasangka

Beberapa orang memang memiliki nasib kurang beruntung dibandingkan yang lainnya, maka dari itu tidak ada salahnya jika kita membantu mereka yang kurang beruntung. Dengan begitu, kita bisa mengurangi rasa iri dan prasangka buruk mereka terhadap kita.

Mencegah Kriminalitas

Kejahatan timbul karena tidak terpenuhinya kebutuhan dasar oleh orang-orang yang kurang mampu. Dengan berzakat kita bisa memberikan kontribusi untuk mengurangi kesulitan mereka.

Manfaat #2: Manfaat Membayar Zakat dari Segi Finansial

Manfaat membayar zakat dari segi finansial diantaranya:

Meningkatkan Rezeki

Janji Allah SWT untuk orang yang membayar zakat, infaq dan sedekah, harta orang tersebut tidak akan berkurang sedikitpun. Dan malah harta yang dikeluarkan tersebut akan Allah SWT ganti dengan berkali-kali lipat.

Membersihkan Harta

Salah satu manfaat dari memberikan zakat ialah mebersihkan harta, maksudnya adalah membersihkan harta yang dimiliki dengan cara memberikannya kepada yang berhak.

Meningkatkan Keberkahan Harta

Zakat merupakan kunci agar harta kita menjadi berkah. Harta yang berkah akan membuat pemiliknya selalu tenang. Harta berkah tidak selalu harus banyak, tetapi selalu ada ketika dibutuhkan dan memberikan ketenangan bagi pemiliknya.

Memperluas Peredaran Harta

Dengan menunaikan zakat, peredaran harta kurang lebih akan merata, dan mengurangi kesenjangan antara si miskin dan si kaya.

Alangkah lebih baiknya apabila ketika kita memberikan zakat tersebut, kita pun memberikan pelatihan tentang cara mendapatkan uang, tujuannya supaya mereka bisa berdiri di atas kaki mereka sendiri suatu hari nanti.

Itulah keutamaan dan manfaat zakat bagi umat muslim. Semoga kita diberi kelimpahan harta dan bisa menunaikan zakat atas harta yang kita miliki tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares